Connect with us

Nasional

Denny JA: Ada Buku-buku yang Membentuk Batin Indonesia

Wartajakarta.com-Mengoleksi buku, merawat buku dan membaca buku adalah sangat penting. Ada buku-buku tertentu yang berpengaruh begitu besar dalam membentuk batin sebuah bangsa. Dalam kasus kita, ada buku-buku yang membentuk batin Indonesia.

Hal itu diungkapkan Denny JA, Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA, dalam acara Obrolan HATI PENA #7, di Jakarta, Ahad (3/10). Diskusi webinar bertema “Upaya Merawat dan Terus Menerbitkan Buku Bernilai Budaya” itu diselenggarakan oleh SATUPENA.

Diskusi webinar ini menghadirkan narasumber Dr. Ir. Achmad Fachrodji, MM., Direktur Utama PT. Balai Pustaka. Pemandu diskusi adalah Swary Utami Dewi dan Elza Peldi Taher.

Denny menjelaskan, saat ini SATUPENA yang dipimpinnya memiliki 7 program unggulan. Dan salah satunya adalah memilih 100 judul buku, fiksi dan nonfiksi, yang dianggap punya nilai sejarah dan budaya, yang membentuk batin Indonesia.

Denny membayangkan, di antara buku-buku berpengaruh itu, antara lain: “Di Bawah Bendera Revolusi” (karya Bung Karno); “Demokrasi Kita” (Mohammad Hatta); “Renungan Indonesia” (Sutan Syahrir); dan “Habis Gelap Terbitlah Terang” (Raden Ajeng Kartini).

Denny mengharapkan, pada saat peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang, daftar 100 judul buku itu sudah bisa ditetapkan. Saat ini ada lebih dari 200 judul buku yang diusulkan untuk masuk ke daftar 100 judul tersebut, dan sedang diseleksi oleh tim ahli.

Pada kesempatan itu, Denny juga memuji Balai Pustaka, yang dikatakannya sudah berusia lebih tua dari Republik Indonesia. Balai Pustaka juga sudah lama menerbitkan buku-buku yang memperkaya batin anak bangsa.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional