Connect with us

Teknologi

Dorong Manufaktur Pintar, Industri Machine Tools Taiwan Bersama PT Omega Taiyo Teknologi Gelar Smart Manufacturing Seminar

Wartajakarta.com-Di era pasca pandemi, industri manufaktur global menghadapi tantangan serta peluang baru, seperti kendaraan listrik dan sektor energi ramah lingkungan. Sangatlah penting bagi para perusahaan manufaktur untuk mengadopsi teknologi intelligent manufacturing guna mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi dalam beradaptasi terhadap permintaan yang terus berubah. Terlepas dari situasi pandemi covid, pada tanggal 1 dan 2 Desember di Holiday Inn Cikarang, TAITRA memanfaatkan kecanggihan teknologi 360 VR untuk menampilkan smart manufacturing solutions Taiwan dan rahasia dibalik manufaktur nomor satu dan terkemuka di Taiwan.

Diorganisir oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dan Bureau of Foreign Trade, MOEA serta didukung penuh oleh PT Omega Taiyo Teknologi, seminar Taiwan Smart Manufacturing 2021 sukses digelar di Ballroom, Holiday Inn Hotel, Cikarang, pada 1 Desember 2021.

PT Omega Taiyo Teknologi merupakan distributor mesin ternama yang selalu memberikan solusi dan layanan terbaik di bidang industri dengan menyajikan mesin-mesin berkualitas tinggi dari Taiwan. Tahun ini, pada tanggal 12 Desember 2021, PT Omega Taiyo Teknologi akan merayakan ulang tahun perusahaan yang ke-10. Sudah satu dekade PT Omega Taiyo Teknologi telah menjadi partner dan memberikan layanan terbaik serta akan terus berinovasi untuk mengikuti perubahan teknologi dimana PT OTT mendapatkan dukungan penuh dan informasi perkembangan teknologi yang sangat berguna dari TAITRA. Direktur PT Omega Taiyo Teknologi, Bapak Subhan Hendro mengatakan, “Kami menjadikan mesin Taiwan sebagai Prime Product kami karena produk Taiwan telah sejajar dengan teknologi mesin-mesin yang canggih seperti machining center yang telah menggunakan Spindle Build-In sebagai standard. Dengan teknologi ini, mesin kami dapat berproduksi dengan waktu yang lebih singkat dan tingkat akurasi yang lebih tinggi, salah satu contohnya adalah mesin dari WELE yang akan kami presentasikan hari ini.”

Pada seminar kali ini, PT Omega Taiyo Teknologi akan mempresentasikan beberapa mesin unggulan dari perusahaan manufaktur ternama di Taiwan, yaitu Accuracy & Technology Leading Company (AccuteX), New Technology dari WELE, dan The New AEII System dari NeuAR Precision Machinery.

Dalam gelaran kali ini, Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA) mengumumkan hasil luar biasa yang dicapai Taiwan Smart Manufacturing yang menarik perhatian pembeli di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Asia Tenggara. Untuk diketahui, dengan keunggulan manufakturing yang baik dan berkualitas, maka para pelaku di bisnis industri akan mendapatkan kemudahan khusus dalam waktu pengiriman, fleksibilitas, penyesuaian, dan kemampuan R&D. Seminar ini merupakan kesempatan yang langka untuk bersama-sama menyaksikan keunggulan dan kepintaran mesin Taiwan yang dapat membantu produsen untuk menghasilkan produk akhir dengan harga yang dapat bersaing dan dapat menciptakan produk yang telah diakui oleh produsen mobil terkemuka di seluruh dunia. “Taiwan bahkan telah memproduksi motor untuk kendaraan listrik milik Tesla, hal ini menunjukkan bahwa mesin Taiwan sangat unggul dan sudah diterima di seluruh dunia” ujar Jack Hsiao selaku Deputy Representative of Taipei Economic and Trade Office di Indonesia.

Secara keseluruhan, acara ini diadakan untuk berbagi pencapaian terbaru dalam industri mesin manufaktur, yang telah mengintegrasikan teknik manufaktur canggih dengan teknologi informasi dan komunikasi inovatif untuk memberikan solusi total bagi para produsen-produsen produk yang ada di Indonesia. Mengutip dari Jack Hsiao, peran PT Omega Taiyo Teknologi sangat dibutuhkan oleh produsen mesin Taiwan untuk memasarkan dan menjual mesin-mesin terbaik dari Taiwan, selain itu TAITRA juga memiliki peran penting untuk mempromosikan mesin Taiwan di seluruh Indonesia.

Salah satu brand yang dipresentasikan dalam seminar ini adalah Accutex Technologies Co., Ltd. Accutex didirikan pada tahun 1991 oleh sekelompok insinyur. Perusahaan ini telah merilis dua fungsi utama untuk menyelesaikan manufaktur cerdas Industri 4.0. Adapun penerapan teknologi yang dibawa oleh perusahaan ini adalah, solusi pemesinan Wire Cut dan EDM untuk proses manufaktur yang cerdas. Accutex telah mengembangkan mesin Wire Cut dan EDM secara teratur. Menanggapi aplikasi di industri cetakan, mesin Wire Cut dan EDM Accutex telah mengembangkan teknologi inovatif untuk menyelaraskan dengan Industri 4.0, terutama di bidang jaringan manufaktur. Ada 4 poin utama yaitu: 1. Komputer, 2. Sistem Proses Manufaktur, 3. Sistem IT, dan 4. Robotika. Accutex sendiri telah mengembangkan fungsi mesin Wire Cut dan EDM menjadi otomatis. Fungsi yang mereka miliki antara lain Fungsi Pengukuran Probing dan Fungsi Penghapusan Inti Akhir, yang akan membantu pengguna untuk melakukan produksi dengan lancar, baik itu presisi maupun akurasi.

Brand kedua yang dipresentasikan adalah NeuAR EDM Expert Sytem AEII oleh NeuAR Precision Machinery Co. Ltd. Dalam presentasi ini NeuAR menampilkan sebuah sistem yang memudahkan produsen untuk mengoperasikan mesin EDM yang disebut Expert System AEII. Sistem ini memiliki 5 subjek utama yaitu Job Manager, Applications, Job Setting, Machining Process & Position Setting, and NC Generating. Dengan ke 5 subjek ini, NeuAR mengklaim bahwa siapa saja bisa menjadi ahli mesin EDM, karena sistem ini memudahkan operator menjalankan mesin EDM dengan lancar tanpa trial dan error.

Terakhir adalah brand dari WELE AQ Series yang telah dilengkapi oleh build-in spindle dengan kecepatan 15,000 RPM. Build In Spindle memiliki motor yang terintegrasi langsung dengan spindle sehingga menghasilkan tingkat akurasi yang lebih baik. Selain akurasi, build in spindle juga dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik dan masa pakai produk yang lebih panjang. Dengan beban berat yang lebih ringan, WELE AQ Series dengan Build In Spindle dapat bereaksi lebih cepat dan tepat. Mesin dari WELE ini juga dilengkapi oleh Thermal Compesation Function Kit dimana mesin ini sudah berkembang dari precision machinery ke level intelligent machinery.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Teknologi