Connect with us

Nasional

Jaga Kelestarian Pantai, Pangkalan TNI AL Cirebon dan Masyarakat Pesisir Tanam 1500 Pohon Mangrove

Wartajakarta.com- Dalam rangka menjaga Kelestarian Pantai, Jajaran Lantamal III Lanal Cirebon beserta Masyarakat Pesisir melaksanakan Penanaman Mangrove bersama elemen masyarakat dan Akademisi sebanyak 1500 Pohon pada Minggu(26/06/2022)

Kegiatan yang dipusatkan di pesisir pantai Desa Tanjakan Kecamatan Krangkeng Kab. Indramayu, dilakukan dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut di wilayah kerja Lanal Cirebon tahun 2022.

Ditempat terpisah, Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ainul Muslimin, S.E., M.Tr Hanla., M.M mengatakan, “Dua Kegiatan Nasional program TNI AL ditahun 2022 yaitu Penanaman Pohon Mangrove dan Pembukaan Kampung Bahari Nusantara. Dengan keberadaan hutan mangrove dinilai mempunyai keistimewaan dalam berbagai hal baik dari aspek fisik ekologi maupun ekonomi yaitu berpotensi sangat besar untuk dikembangkan menjadi wisata alam sekaligus sebagai upaya penghijauan lingkungan dan mencegah terjadinya bencana banjir longsor dan mengurangi polusi udara,” pungkasnya.

“Dari sisi fisik mangrove berakar banyak dan batang kokoh mampu mencegah bahaya tsunami ombak dan abrasi air laut, dari sisi ekologi mangrove mampu berfungsi sebagai filter dari polusi air dan udara. Karena jenis vegatasi ini dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur, bahkan tempat yang mengandung limbah . Kemudian polusi juga dapat diserap oleh mangrove. Tidak heran jika hutan mangrove kerap menjadi habitat atau tempat hidup dan berkembang biak berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya,” imbuh Ainul

Program penanaman mangrove ini merupakan salah satu program TNI Angkatan Laut dalam hal ini program dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut laksamana TNI Yudo Margono, untuk menanam mangrove di wilayah kerja masing-masing.

Adapun puncak acara secara serentak dilaksanakan di Jakarta pada bulan Agustus tahun 2022 yang rencananya akan dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesi Ir. H. Joko Widodo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional