Connect with us

Ekonomi

Menkop Teten Dorong AMKI Kembangkan Model Bisnis Inovatif Koperasi Modern

Wartajakarta.com-Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menggelar audiensi dengan Angkatan Muda Koperasi Indonesia (AMKI) secara virtual, Kamis, 15 Juli 2021.

Dalam dialog tersebut, Teten menekankan saat ini yang harus digagas dan dikembangkan oleh AMKI yakni, model bisnis koperasi yang harus inovatif disektor – sektor yang lebih produktif. Untuk itu perlu sama-sama dibangun pilot project agar dapat berkembang tidak hanya usaha mikro tapi juga makro.

“Saya ingin koperasi menjadi milik mitra pemerintah untuk menyalurkan pembiyaan murah kepada masyarakat, itu yang pertama,” kata Teten.

Lanjutnya, selain konsolidasi usaha-usaha kecil dalam skala ekonomi lebih besar berbentuk koperasi.

“Saya ingin koperasi juga dapat membantu meningkatkan daya saing produk usaha mikro yaitu dengan membangun rumah produksi bersama (Factory sharing). Jadi ini nanti konsep saya bukan lagi meningkatkan daya saing dengan membagikan alat-alat produksi ke usaha mikro yang sudah dilakukan sejak zaman pemerintahan orde baru karena itu mubazir,” ujar Teten.

“Jadi nanti produk-produk makanan, kerajinan, furniture dan produk permesinan itu bisa skala standarisasi industri, karena peralatannya modern,” jelasnya.

“Dan itu kita tawarkan kepada koperasi-koperasi yang besar,” ungkapnya.

Lanjutnya, yang kedua menjadikan koperasi sebagai agregator bagi ekonomi rakyat.
Dimana yang tadinya bisnis secara sendiri-sendiri, diarahkan untuk membentuk wadah koperasi agar tercapai skala ekonomi makro dari usahanya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Perkoperasin Kementerian Koperasi, Ahmad Zabadi mengatakan, ada baiknya AMKI melakukan model bisnis koperasi yang harus inovatif karena memiliki SDM yang sangat beragam dan kuat serta bagaimana AMKI dapat meng-endorse dan mengintrodusir model – model bisnis yang bisa di replikasi oleh koperasi – koperasi.

“Kami dengan sumber daya yang ada siap berkolaborasi,” ujar Ahmad.

Nantinya, diharapkan menjadi trendsetter dalam pengembangan koperasi kedepan dan masyarakat semakin mengetahui koperasi lebih modern.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua AMKI, Frans Meroga Panggabean terkait factory sharing, AMKI sangat mendukung dengan bisnis model tersebut.

“Ini merupakan tantangan bagi AMKI. Rencana kedepan AMKI akan mengajukan pilot porject berupa factory sharing dan lainnya, serta menjadi koperasi dengan gaya baru dan milenial” ujar Frans Meroga

“Bentuk factory sharing yang paling memungkinkan untuk segera dieksekusi dalam waktu dekat adalah cloud kitchen,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi