Connect with us

Nasional

Muslim LifeFair 2023 Resmi Dibuka,Dorong Percepatan Sertifikasi Menuju Indonesia Global Halal

Wartajakarta.com-Muslim LifeFair menghadirkan sebanyak 230 booth dari 128 brand produk halal s dengan berbagai kategori mulai dari modest fashion & accessories, kosmetik halal, Islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, kids & baby products, properti syariah, wedding islami, multi product, islamic finance, hingga kuliner halal by serlok.

Bazaar produk halal dan keuangan syariah, Muslim LifeFair dibuka pada Jumat (17/3/2023). Pameran yang digagas Lima Events bersama Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 17 hingga 19 Maret 2023 di di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Ketua KPMI, Rachmat Sutarnas Marpaung mengatakan Muslim LifeFair JIEXPO bisa menjadi salah satu wahana yang memperkuat ekosistem perkembangan produk halal di Indonesia menuju Indonesia Global Halal Hub 2024.

“KPMI yang mewadahi 80 ribu pelaku usaha muslim terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong pelaku usaha meningkatkan kualitas produk dan layanan, memperluas jaringan pemasaran, termasuk percepatan memperoleh sertifikasi halal dari lembaga terkait,” ujarnya.

Subkordinator Sistem Informasi dan Humas Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Nurhanudin mengapresiasi gelaran Muslim LifeFair yang konsisten dilaksanakan sejak 2019.

“Melalui pameran ini, Insya Allah upaya percepatan pelaku UMKM memperoleh sertifikasi halal bisa dilaksanakan efektif. Targetnya setidaknya tahun 2023 ini, terkumpul sebanyak 3 juta produk sudah tersertifikasi halal. Tahun 2024, semoga sebanyak 6 juta produk sisanya bisa sepenuhnya mendapatkan sertifikasi halal,” ujar Nurhanudin saat konferensi pers Muslim LifeFair di Jakarta.

Selama pameran Muslim LifeFair JIEXPO, BPJPH juga akan membuka layanan konsultasi sertifikasi halal gratis (SEHATI). Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang ingin mendapatkan informasi terkait sertifikat halal atau yang ingin mengajukan permohonan pembuatan sertifikat halal.

Dia menjelaskan produk yang sudah tersertifikasi halal hingga akhir 2022 yakni 1.035.351 produk. BPJPH mengejar target 10 juta produk bersertifikat halal pada 2024.

Nurhanudin menambahkan, BPJPH juga akan melakukan kampanye mandatory halal agar UMKM bisa lebih mudah mengajukan sertifikasi halal.

Sebagai informasi, BPJPH kembali membuka program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI). Tahun ini, program SEHATI dibuka untuk 1 juta kuota sertifikasi halal untuk pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Berbeda dari tahun sebelumnya, program SEHATI 2023 akan dibuka sepanjang tahun.

Nurhanudin berharap para pelaku usaha dapat memanfaatkan program SEHATI 2023 ini mengingat penahapan kewajiban sertifikasi halal berakhir tahun depan.

Diketahui, penahapan kewajiban sertifikasi halal tahap 1 akan berakhir di 17 Oktober 2024. Berdasarkan ketentuan, setelah tanggal tersebut, pelaku usaha makanan dan minuman, hasil sembelihan, serta jasa penyembelihan di Indonesia harus bersertifikat halal. Jika belum, maka akan dikenakan sanksi.

Untuk mendaftar program sertifikasi halal gratis, pelaku usaha dapat mengakses ptsp.halal.go.id atau melalui aplikasi Pusaka yang dapat diunduh di Playstore atau Appstore.

Sementara itu, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Putu Rahwidhiyasa, mengatakan, sebagai upaya menuju Indonesia Global Hub 2024, KNEKS telah menyusun kerangka kerja yang memudahkan dan membuka kesempatan berbagai pemangku kepentingan untuk saling bersinergi guna mengakselerasi pengembangan UMKM Industri Halal yang berbasis ekonomi digital.

“Kami menerapkan lima pendekatan strategis pengembangan UMKM industri halal, melalui sinergi peningkatan kapasitas, inkubasi dan pembiayaan, pemasaran, kemitraan, dan pemberdayaan digital,” kata Putu.

Dia juga menyampaikan, KNEKS tengah menggulirkan satu program prioritas Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS), sebagai bentuk konkret untuk menyediakan kuliner halal bagi masyarakat dalam wisata halal.
“Untuk mewujudkan Zona KHAS ini perlu melibatkan stakeholder dinas, instansi dan Lembaga terkait,” ujarnya

Adapun gelaran Muslim LifeFair di JIEXPO Kemayoran ini tidak hanya bazaar produk muslim, tetapi juga semakin semarak karena diisi dengan berbagai rangkaian acara menarik seperti bincang santai, bedah buku, workshop parenting, sharing kesehatan, Hijrah Hapus Tatto, kelas ta’aruf, codding competition, story telling, kids activities (playground), family activities (tradisional games, fun run), fundrising, hingga outdoor activity.

Informasi terkait Muslim LifeFair bisa dilihat di Instagram @muslimlifefair dan @indonesiamuslimlifefest.
Untuk pembelian tiket Muslim LifeFair Jakarta sudah bisa dipesan secara online melalui aplikasi @muslimlifeshop di Playstore & App Store atau melalui website www.muslimlifeshop.com. Tiket dijual seharga Rp 20.000 untuk 1 orang/hari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional