Connect with us

Pendidikan

NUS Business School dan Universitas Airlangga Berkolaborasi dalam Penelitian dan Pendidikan Berkelanjutan

National University of Singapore

Wartajakarta.com -Center for Governance and Sustainability (CGS) di National University of Singapore (NUS) Business School, Singapura menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Center for Environmental, Social, and Governance Studies (CESGS) di Universitas Airlangga, Indonesia untuk mempercepat implementasi keberlanjutan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara (SEA).

Berdasarkan MOU ini, CGS dan CESGS akan berkolaborasi untuk memajukan upaya keberlanjutan di kawasan ini, dengan fokus pada Indonesia. Bidang utama kolaborasi yang dijabarkan dalam MOU mencakup inisiatif penelitian, pertukaran pengetahuan, dan program pengembangan kapasitas.

Dalam kolaborasi penelitian, CGS akan berpartisipasi dalam proyek penelitian yang diusulkan oleh CESGS, yang bertujuan untuk menguji kinerja Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) di perusahaan-perusahaan berkelanjutan terkemuka di Singapura dan Indonesia. Dengan memperoleh wawasan dari perusahaan-perusahaan ini, rekomendasi dan solusi akan dikembangkan untuk mengatasi tantangan keberlanjutan di Indonesia dan kawasan. Selain itu, kolaborasi ini akan meningkatkan eksposur internasional para peneliti keberlanjutan Indonesia dengan memberikan peluang penulisan bersama, memanfaatkan keahlian penelitian kelas dunia NUS.

Untuk lebih memajukan penelitian keberlanjutan, kemitraan ini akan membangun saluran yang efisien untuk pertukaran pengetahuan, memfasilitasi pertukaran laporan institusi, temuan penelitian, dan materi akademik. NUS Business School akan mendapatkan akses ke gudang CESGS yang luas, yang terdiri dari lebih dari 8 juta titik data dari lebih dari 14.000 perusahaan di seluruh dunia, sehingga memperkuat kemampuan penelitian sekolah tersebut.

Di bidang pendidikan, kemitraan ini akan memfasilitasi kerja sama dalam penyelenggaraan lokakarya, program peningkatan kapasitas, seminar penelitian, dan konferensi.

Peningkatan kapasitas merupakan kunci dalam mendorong pembangunan berkelanjutan, NUS Business School dan CESGS akan meluncurkan program pendidikan eksekutif bersama mengenai keberlanjutan seperti keuangan berkelanjutan dan peraturan ESG. NUS Business School juga akan berperan besar dalam merancang modul keberlanjutan yang komprehensif untuk merevitalisasi program studi Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

“NUS Business School merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Universitas Airlangga dalam mendorong inisiatif keberlanjutan di Indonesia dan di kawasan ASEAN yang lebih luas. Dengan memanfaatkan kemampuan penelitian, keahlian, dan sumber daya kolektif kami, kami dapat mengatasi tantangan keberlanjutan yang mendesak di kawasan ini dengan lebih baik. Selain itu, kami percaya bahwa kemitraan kami akan mampu menumbuhkan sumber daya manusia yang diperlukan yang dapat berkontribusi terhadap pencapaian tujuan iklim dan membangun masa depan yang berkelanjutan,” kata Profesor Lawrence Loh, Direktur Centre for Governance and Sustainability.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Pendidikan