Connect with us

Nasional

Perkumpulan Penulis Satupena Akan Diskusikan Buku Direktori Penulis Indonesia 2023

Wartajakarta.com – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang buku Direktori Penulis Indonesia 2023, yang diterbitkan oleh Satupena.

Obrolan Hati Pena #116 tentang buku Direktori Penulis Indonesia itu akan berlangsung di Jakarta, pada Kamis malam, 4 Januari 2024, pukul 19.00-21.00 WIB.

Pembicara pada diskusi buku Direktori Penulis Indonesia itu adalah Dr. Satrio Arismunandar, Sekjen SATUPENA, yang ditugasi menyusun buku tersebut. Diskusi itu akan dipandu oleh Anick HT dan Amelia Fitriani.

Panitia webinar menyatakan, Direktori Penulis Indonesia 2023 adalah sebuah proyek rintisan SATUPENA, di bawah kepengurusan baru dengan Ketua Umum Denny JA, yang bertugas sejak Agustus 2021.

Pengurus baru dengan gencar menghidupkan berbagai program dan menggerakkan roda organisasi, dengan pembentukan cabang-cabang, yang saat ini bisa dibilang sudah eksis di seluruh provinsi di Indonesia.

Program-program yang memberi manfaat nyata kepada para penulis terbukti mendorong banyak penulis, khususnya para penulis muda, untuk berpartisipasi dalam program tersebut. Mereka juga berminat bergabung dalam organisasi penulis ini.

Penyusunan Direktori Penulis Indonesia ini dilakukan bersamaan waktunya dengan pembenahan data keanggotaan SATUPENA, yang –sampai saat buku ini disusun– masih terus berlanjut. Selalu ada saja penulis baru yang mau bergabung.

Meskipun sebagian besar penulis yang tercantum di direktori ini adalah anggota SATUPENA, ada juga penulis-penulis yang bukan anggota SATUPENA.

Sejak awal memang tidak ada niat dari pihak penyusun untuk membatasi direktori ini hanya untuk anggota SATUPENA.

Yang agak unik, untuk memberi ilustrasi, sejumlah karya penulis juga disisipkan dalam direktori ini. Seperti karya puisi, cerpen atau esai.

Karena sifatnya hanya sebagai selingan, contoh, dan pemanis, hanya sedikit karya yang bisa ditampilkan di sini. Penyusun mohon maaf pada para penulis yang karyanya tidak ditampilkan di buku tersebut.

Acara diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena116. Juga bisa melalui livestreaming: Youtube Channel, Hati Pena TV. Selain itu, lewat Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional