Connect with us

Pendidikan

Perpusnas Siap Gelar Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) mengusung tiga program besar yang menjadi fokus utama pada 2024.Progam tersebut berupa penguatan budaya baca dan literasi, pengarus-utamaan naskah nusantara serta standardisasi dan pembinaan tenaga perpustakaan yang ditujukan untuk pemetaan perpustakaan sesuai standar nasional perpustakaan (SNP).

Sekretaris Utama (Sestama) Perpusnas Joko Santoso mengatakan program besar ini merupakan penataan ulang program dan kegiatan Perpusnas yang sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) Perpusnas 2020-2024 yakni peningkatan literasi dan peningkatan kegemaran membaca.

“Fokusnya adalah membantu negara meningkatkan kompetensi literasi masyarakat dengan menyediakan akses pengetahuan dan informasi,” ujarnya dalam jumpa pers jelang Rapat Koordinasi (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Meskipun masing-masing program memiliki fokus kegiatan berbeda, ketiga program tersebut memiliki tujuan utama yaitu peningkatan kemampuan literasi dan pengembangan kemampuan baca tulis masyarakat. “Dalam strategi program 2024, saya mengajak semua untuk menatap masa depan dengan perspektif baru, menyesuaikan program dan meningkatkan kompetensi literasi masyarakat,” terangnya.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas Amich Alhumami turut menegaskan urgensi peningkatan literasi masyarakat. Menurutnya, literasi menjadi pilar penting untuk mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan, berbudaya, berkarakter, dan berdaya saing. “Literasi berkontribusi positif dalam menciptakan tenaga kerja terampil dan berkeahlian yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menumbuhkan produktivitas kreativitas dan inovasi untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045,” tegasnya.

Untuk tujuan tersebut, pemerintah berkomitmen memperkuat upaya pengembangan buday literasi masyarakat melalui program-program yang berorientasi meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat

Ketiga program besar Perpusnas akan menjadi pokok bahasan dalam Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2074 yang mengusung tema “Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi”.

Agenda tahunan ini sebagai salah satu upaya untuk melaksanakan konsolidasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan di bidang perpustakaan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang terdapat dalam Renstra Perpusnas. Serta mendukung proses perencanaan partisipatif yang melibatkan seluruh jajaran pemangku kepentingan di bidang perpustakaan, dengan mekanisme perencanaan dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah.

Rakornas menjadi wadah konsolidasi, integrasi, harmonisasi, sinkronisasi dalam rangka penguatan dan penajaman program dan kegiatan. Selain itu, Rakornas merupakan upaya membangun interaksi atau interdependensi antara para pemangku kepentingan dengan Perpusnas. Rakornas diharapkan dapat meningkatkan kinerja lembaga dalam menjawab tantangan dan kebutuhan organisasi dan masyarakat.

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 diselenggarakan secara hibrid pada 14-15 Mei 2024. Plt. Kepala Perpusnas dijadwalkan membuka Rakornas secara resmi sekaligus memaparkan arah kebijakan Perpustakaan Nasional.

Dalam Rakornas juga diisi dengan sesi kebijakan menghadirkan narasumber dari Kementerian Desa PDTT dan Kementerian PPN/Bappenas. Sedangkan sesi panel akan diisi oleh para narasumber dari pemerintah daerah yang melaksanakan praktik baik dalam pengembangan tiga program utama Perpusnas yakni Gubernur Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024, Bupati Berau, dan Bupati Kendal.

Rakornas diisi dengan sesi pararel yang menghadirkan narasumber yang terlibat secara aktif dan dapat membagikan praktik baik yang dapat ditiru oleh pemerintah daerah, lembaga, organisasi, pegiat literasi dan masyarakat umum.

Rakornas secara luring dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran yang akan dihadiri 1.000 peserta. Peserta luring terdiri dari kepala daerah, kepala dinas perpustakaan provinsi dan kabupaten/kota, ketua forum perpustakaan/penerbit/’pengusaha rekaman dan pihak yang telah melakukan kerja sama dengan Perpusnas.

Masyarakat dapat mengikuti rangkaian kegiatan secara daring melalui aplikasi Zoom dengan kapasitas 10.000 atau melalui live streaming di kanal YouTube Perpustakaan Nasional.

HUT ke-44 Perpusnas

Pelaksanaan Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 berdekatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Perpusnas. Hari jadi Perpusnas diperingati setiap 17 Mei, yang sekaligus diperingati sebagai Hari Buku Nasional.

Pada tahun ini, Perpusnas mengusung tema HUT yakni “44 Tahun Merajut Asa Melayani Negeri untuk Mencerdaskan Bangsa”. Sestama Perpusnas menyatakan momentum hari jadi ini akan mendorong Perpusnas agar terus menjadikan seluruh perpustakaan sebagai pelopor gerakan literasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

“Penguatan budaya literasi, inovasi dan kreativitas untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter,” tuturnya. Dia menambahkan, di tengah ancaman dan peluang dengan segala sarana dan infrastruktur, perpustakaan diyakini mampu menjadi inspirasi bagi sekitarnya.

Untuk memeriahkan HUT ke-44, pada 17 Mei 2024, Wakil Presiden Republik Indonesia akan melakukan pencanangan “Gerakan Literasi Desa” Dalam kegiatan tersebut akan diluncurkan bantuan 10 juta bahan bacaan bermutu ke perpustakaan desa dan peluncuran bantuan 21 juta buku ke sekolah.

Pada 13 Mei-22 Mei 2024, sejumlah kegiatan menarik akan diselenggarakan di antaranya pameran tematik HUT Perpustakaan Nasional Dari Masa Ke Masa, pameran tematik Bung Karno, pameran tematik Bung Hatta, Pekan Literasi Sejarah, Festival Literasi (Budaya) Nusantara, Pameran Sejarah Pendidikan Indonesia, peluncuran buku dan bedah buku, serta lokakarya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Pendidikan