Connect with us

Kuliner

Prestise di Dunia, Konnyaku dan Shirataki Dipasok dari Pasuruan Sejak Tiga Generasi Lalu

 

Prestise di Dunia, Konnyaku

WartaJakarta.com-Jakarta

Di tengah bazar DESSERT MARKT: A Pop-Up Concept by Jakarta Dessert Week di ASHTA District 8, pelopor festival dessert di Indonesia, Jakarta Dessert Week (JDW) sebagai penyelenggara, menggelar talk show / demo setiap weekend.

“Kehadiran bintang dapur memeriahkan DESSERT MARKT setiap weekend-nya. Semua jadwal ada di Instagram @jakartadessertweek,” ucap Kevindra Soemantri, Co-Founder Jakarta Dessert Week yang juga host “Street Food: Asia” Netflix.

Pekan ini, publik diajak mengenal Konnyaku dan Shirataki bersama chef Aaron Laksana, dua bahan yang sedang tren di tengah healthy lifestyle. Diolah dari serat glukomanan yang diekstraksi dari umbi porang atau iles-iles, dalam 100 gram glukomanan hasil produksi PT. AMBICO mengandung 85 gram fiber murni. Serat glukomanan adalah makanan bagi bakteri baik dalam saluran pencernaan, favorit sebagai makanan ‘penyapu’ usus.

Bahan baku ini yang menjadikan konnyaku rendah karbo, rendah gula, dan zero calorie. Hanya bentuk ‘beras’ konnyaku kering mengandung kalori karena olahannya ditambahkan tepung tapioka. Namun setelah dimasak, kadarnya pun rendah, yakni 70 Kkal/ 100 g. Melalui merek Mr.Ishii, PT AMBICO menggerakkan makan Konnyaku dan  Shirataki utk food balancing (makan lebih seimbang).

Perekat Hubungan Indonesia dan Jepang  Berdiri sejak 1971, Mr. Ishii menjadi produsen pertama Konnyaku dan Shirataki di Indonesia. Secara global, perusahaan ini yang pertama menginovasi Konnyaku dan Shirataki dalam bentuk kering.

 

Pendirinya, Masaharu Ishii, adalah mantan tentara Jepang yang dulu memutuskan untuk tetap tinggal dan berjuang bersama rakyat Indonesia selama perang kemerdekaan. Selepasnya, ia mengulik umbi porang sebagai komoditas bermanfaat layak ekspor yang bisa diperkenalkan ke dunia dan menjembatani hubungan Indonesia – Jepang.

Porang pilihannya kebanyakan berasal dari sekitaran Pasuruan, Jawa Timur.
Konnyaku dan Shirataki dipilihnya karena populer di dapur Jepang. Para biksu Jepang bahkan telah menyantapnya sejak abad ke-6 sebagai pengganti daging. Sebagai ahli Konnyaku dan Shirataki, ia lalu ditunjuk Pemerintah Jepang sebagai pengawas ke negara ekspor perdana: Jepang. Hubungan manis terjalin antar kedua negara sampai akhirnya kewarganegaraan Indonesia Ishii diberikan oleh Presiden RI, Soekarno.

Kini, Konnyaku PT. AMBICO telah diolah berbagai bentuk, dengan versi beras ‘analog’ Konnyaku (Konnyaku Grain) dan Mi Kering Konnyaku (Shirataki) sebagai bentuk terpopulernya. Lainnya bisa berbentuk basah, mulai dari balok, mie, nasi, hingga fettucini.

“Di negara pengonsumsi tertingginya, Jepang, sekitar 90% bentuk kering Konnyaku dan Shirataki ditangani kami,” ujar’ CharlieShirataki’ Santoso dari  PT AMBICO kepada WartaJakarta, Minggu ( 5/3) 2023 disela sela Demo Menu Buka Puasa.

Tujuan ekspor lainnya adalah Korea, China, Taiwan, Itali, Prancis, Canada, hingga AS.
Di Indonesia, beras konnyaku seringkali menggantikan nasi secara 100%. Padahal, ini merupakan peralihan yang ekstrem dan cita rasanya sulit diterima karena seperti jeli.  Dalam edukasinya, Mr. Ishii senantiasa berbagi cerita tentang cara warga Jepang menikmati beras Konnyaku: Ditanak bersama beras biasa sebanyak 30-50%.

Beras konnyaku juga sering salah kaprah disebut beras Shirataki. Padahal, Shirataki dalam Bahasa Jepang berarti air terjun putih dan hanya disematkan pada bentuk mie konnyaku.

Inspirasi Dessert Berbuka Puasa Menjelang Ramadhan, YouTuber/ young-chef Aaron Laksana berbagi resep berbuka puasa di acara yang sama. Ia memperkenalkan Konnyaku balok dan ‘nasi’ konnyaku basah. Bentuk apapun yang dikonsumsi, selalu rebus atau seduh air mendidih untuk membuang air rendaman alkalinya.
Resep Spesial Mr. Ishii:
Demo turut didukung oleh Madu Uray, Kumala Home and Kitchen, dan KitchenAid.
CREAM KONNYAKU ICE DURIAN
100 g ‘nasi’ Konnyaku basah (tsubu konnyaku) Mr.Ishii
450 g santan kental
300-350 g Madu Uray
350 g krimer kental manis
1 kg daging durian
900 g air kelapa
200 g kelapa muda parut
Es batu

Seduh tsubu konnyaku dengan air mendidih atau rebus. Tiriskan, sisihkan.

Dalam blender, proses santan, madu, krimer, dan air kelapa hingga rata.

Tuang ke mangkuk. Masukkan sisa bahan, aduk rata. Sajikan dingin.

KONNYAKU FRUIT HONEY SALAD
6 blok Konnyaku Mr.Ishii
1 kg mayones
300 g Madu Uray
60 g cream cheese
Stroberi, potong-potong
Kiwi, potong dadu
Anggur, buang biji
Fruit cocktail, tiriskan
Longan kalengan, tiriskan

Potong dadu Konnyaku blok. Seduh dengan air panas atau rebus.  Tiriskan, sisihkan.

Dalam blender, proses mayones, madu, keju, dan stroberi hingga halus. Sisihkan.

Aduk rata sisa bahan. Masukkan ke mangkuk saji. Sirami saus. Sajikan dingin.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Kuliner