Connect with us

Hotel

Rayakan Hari Batik,ASTON Priority Simatupang Ajak Tamu Hotel Belajar Melukis Batik Betawi Menggunakan Kopi

Wartajakarta.com– Setiap tanggal 2 Oktober, seluruh masyarakat Indonesia merayakan hari Batik Nasional sebagai apresiasi atas karya seni Batik yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa dan telah diakui secara internasional. Banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari batik, salah satunya adalah dengan belajar melukis motif batik.

Setiap daerah di Indonesia pun memiliki ragam corak atau motif batik yang berbeda sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing, termasuk juga D.K.I Jakarta. Dalam rangka merayakan hari Batik yang jatuh tepat pada hari Minggu tanggal 2 Oktober 2022, ASTON Priority Simatupang juga turut berpartisipasi dengan mengajak pengunjung hotel belajar melukis motif batik Betawi dengan menggunakan pewarna berbahan kopi untuk mengurangi limbah dari pewarna kimia. 

Lukisan Batik dibuat menggunakan pewarna dari kopi bubuk kemasan yang dicairkan. Kopi juga merupakan bahan yang mudah ditemukan dan bernilai ekonomis serta ramah lingkungan. Bahkan, menghirup aroma kopi saat melukis dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh sehingga menurunkan tingkat stress seseorang. Beberapa pengunjung yang telah melakukan pendaftaran terlebih dahulu, dapat mencoba membuat lukisan menggunakan kopi dengan peralatan yang telah disediakan oleh hotel dan membawa pulang hasil karyanya secara gratis. 

Kegiatan ini dipandu oleh Armain, salah satu pelukis dari anggota Komunitas Pelukis dan Pekerja Seni Indonesia (KOPPI) yang bersekretariat di Desa Seni Taman Mini Indonesia Indah. Motif Batik Betawi yang dipilih dalam kegiatan belajar ini adalah Motif Batik Ciliwung Condet. Motif ini memiliki ciri khas berbentuk kembang kelapa dan kembang salak yang merepresentasikan kearifan lokal kawasan Condet. 

“Lukisan batik ini mewakili dari suara warga Ciliwung Condet yang terdampak oleh sampah hingga luapan banjir dari sungai Ciliwung. Selain itu, melalui karya ini, saya berharap semua orang semakin bangga dengan produk-produk yang bercerita kearifan lokal, serta identitas dari kawasan Condet akan semakin dikenal lebih luas” komentar, Armain, Pelukis Batik Betawi.

“Nah kalau bapak dan ibu semua Mungkin sudah pengen melukis dengan motif-motif batik seperti batik dari Pekalongan misalnya batik mega mendung dari Cirebon atau batik parang atau batik kawung dari Jawa Tengah nah pada pagi hari ini kami ingin memperkenalkan bahwa di Jakarta tepatnya budaya Betawi juga ada motif batik kekhasannya sendiri yaitu batik Ciliwung Condet,”tutur Armain kepada peserta .

Pada pagi hari ini yaitu melukis motif batik cileung Condet dipandu oleh Bapak Armain selaku salah satu pelukis yang ada di desa seni Taman Mini Indonesia Indah.

Bapak Armain  memberi alasan melukis batik Betawi dengan kopi menurutnya  karena kita di Jakarta sendiri pengen  punya batik biasanya orang kan menyebut batik itu identik pasti kalau enggak Solo Jogja segala macemlah pokoknya di luar Jakarta jadi saya punya keinginan Jakarta ini ada ciri  khas dia punya juga motif batik.

Lebih lanjut Armain mengatakan,Kita kali ini akan memperagakan bagaimana  melukis pakai kopi selama ini kan kopi kita pakai untuk minum ya kalau pagi-pagi, tapi ini bisa menjadikan nilai seni yang sangat indah dan menjadi nilai seni yang mahal karena ini macam-macam ada yang bisa kita  buat gambar dari kopi.

“Dalam rangka merayakan Hari Batik ini, ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center mengajak tamu-tamu untuk turut berpartisipasi dengan cara belajar melukis Batik dalam cara yang unik yaitu menggunakan pewarna kopi untuk mengurangi limbah pewarna kimia, selain itu kopi juga aman untuk digunakan bagi anak-anak maupun orang dewasa dalam melukis, dengan adanya kegiatan seperti kami berharap dapat memberikan pengalaman yang berkesan untuk tamu-tamu kami” komentar Andi Gevika Rizki, General Manager ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Hotel