Connect with us

Nasional

Resesi dan Ketahanan Ekonomi Indonesia Tema Diskusi Satupena

Wartajakarta.com-Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang resesi dan ketahanan ekonomi Indonesia. Diskusi ini dipicu oleh kondisi ekonomi dunia yang saat ini sedang bermasalah. Banyak negara terancam resesi.

Obrolan Hati Pena #61 tentang resesi ekonomi itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 27 Oktober 2022, pukul 19.00-21.00 WIB. Akan berbicara Prof. Didin S. Damanhuri, Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Politik Institut Pertanian Bogor. Diskusi akan dipandu oleh Swary Utami Dewi dan Anick HT.

Menurut panitia webinar, ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja. Ancaman resesi, inflasi yang tinggi, hingga pengetatan likuiditas semakin memojokkan ekonomi banyak negara menuju pelemahan.

Pandemi Covid-19 dan konflik geopolitik Ukraina dan Rusia membuat ekonomi dunia kian terjerumus dalam jurang kehancuran.

Amerika Serikat (AS), Inggris, China dan Zona Eropa diprediksi sulit terhindar dari resesi. Ancaman resesi ekonomi ini menjadi hantu menyeramkan bagi hampir seluruh negara di dunia.

Bank Dunia meramal perekonomian global akan menyusut hingga 1,9% poin menjadi 0,5% pada 2023. Bagaimana dengan Indonesia?

IMF memperkirakan Indonesia tumbuh 5,3% tahun ini dan 5% pada 2023. Tak hanya IMF, Asian Development Bank (ADB) juga memproyeksikan pertumbuhan Indonesia sebesar 5,4%, Bloomberg 5,2%, dan Bank Dunia (World Bank) sebesar 5,1%.

Mengutip data ini, Sri Mulyani memasukkan Indonesia ke dalam empat negara yang terbilang cukup baik ekonominya dan kuat dari guncangan resesi, di samping India, Brasil, dan Meksiko.

Benarkah Indonesia terbebas dari ancaman resesi? Seberapa kuat ketahanan ekonomi negeri ini?

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena61. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional