Connect with us

Gaya Hidup

SIRCLO Dukung Batik Keris Go Digital, Luncurkan Situs Kampanye Hari Batik Nasional

Wartajakarta.com-Dalam rangka Hari Batik Nasional, Batik Keris menggandeng perusahaan solusi e-commerce SIRCLO untuk meluncurkan situs yang memasarkan produk batik serta karya pengrajin Nusantara yang dapat diakses pada tautan www.haribatiknasional.com.

Sepanjang bulan Oktober 2021, situs kampanye Hari Batik Nasional menjadi wadah bagi Batik Keris untuk menggabungkan penjualan produk resmi Batik Keris Online dan Keris Gallery Online, hasil kerajinan tangan dari komunitas UMKM yang telah dibina oleh Batik Keris. Situs ini bertujuan menjadi destinasi lengkap bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyalurkan semangat kebanggaan dan rasa cinta terhadap batik sebagai warisan budaya tanah air.

Danang Cahyono, Chief Operating Officer SIRCLO mengungkapkan, “SIRCLO bangga dapat mendukung Batik Keris yang merupakan salah satu produsen batik tradisional dengan nama yang sudah mendunia. Sudah merupakan salah satu komitmen penuh bagi kami untuk mendukung pertumbuhan produk-produk buatan negeri sendiri. Kami juga ingin mendukung para pengrajin lokal yang terlibat di balik proses produksi Batik Keris.”

Berawal sebagai industri rumahan, Batik Keris kini merupakan salah satu perusahaan batik di Indonesia dengan warisan Nusantara. Dalam mempopulerkan berbagai evolusi desain batik di seluruh lapisan masyarakat, Batik Keris bekerja sama dan membina pengrajin batik di berbagai daerah.

Toko Batik Keris telah menjadi wadah untuk memasarkan seni para pengrajin batik binaan mereka. Di masa PPKM yang membatasi kegiatan ritel offline, Batik Keris menangkap peluang e-commerce yang kian meningkat bersama SIRCLO, bertepatan untuk menyambut Hari Batik Nasional.

“Ini merupakan langkah penting bagi Batik Keris untuk menyesuaikan diri dengan zaman digitalisasi,” ujar Lina Handianto, Komisaris Utama Batik Keris. “Dengan sistem teknologi dan jaringan luas, kualitas inovasi dari SIRCLO untuk menyambut Hari Batik Nasional ini sesuai dengan yang diharapkan Batik Keris. Kami berharap dapat menjangkau pasar online yang luas dengan dukungan SIRCLO.”

SIRCLO kian konsisten berupaya untuk menggenjot kapabilitas produk atau brand lokal baik dari skala enterprise maupun UMKM untuk hadir secara online. Sebelumnya, SIRCLO turut mendukung UMKM lokal untuk go online dengan mengadakan program #MerdekaJualanOnline dimana melalui program ini, SIRCLO menyediakan solusi teknologi terpadu pengelolaan toko online, termasuk webstore yang terintegrasi dengan marketplace serta modul pelatihan penggunaan dasbornya.

Batik Indonesia kini tidak lagi sekedar berperan sebagai warisan budaya bangsa, namun juga sebagai salah satu penopang ekonomi nasional. Dengan nilai ekspor batik yang mencapai US$ 21,54 juta sepanjang awal pandemi lalu (Januari-Juli 2020), industri kerajinan dan batik diyakini sebagai salah satu sektor yang mampu menopang agenda Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Hadirnya identitas Batik Keris secara online tidak hanya mampu membantu warisan batik agar tetap relevan di mata konsumen, namun juga kian mempermudah akses konsumen akan produk batik yang otentik dan eksklusif-baik secara nasional maupun internasional,” pungkas Danang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup