Connect with us

Ragam

Situ-Front City di Cibinong Raya

WartaJakarta.com-Bogor
Cibinong Raya adalah suatu daerah di Jawa Barat yang berada di Kabupaten Bogor.
Letaknya yang tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta menjadikan daerah ini sebagai salah satu daerah penyangga Ibukota yang tumbuh berkembang dengan pesat  Walaupun telah menjelma menjadi kota semi metropolitan, Cibinong masih berusaha untuk tetap melakukan pelestarian akan daerah dan lingkungannya.
Konsep yang di usung oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bogor dalam mengelola daerah resapan yang berada di Cibinong Raya adalah Situ-front city.
Penaataan konsep ini diadopsi dari konsep waterfront city, yakni suatu konsep pengembangan daerah perkotaan yang memadukan antara potensi alam yang dimilikinya berupa panorama situ yang indah dengan daerah hijaunya yang segar yang akan dikelola secara modern sesuai dengan perkembangan jaman saat ini, sebagai ruang terbuka hijau, arena rekreasi dan wisata masyarakat.
Dari 17 situ yang terdapat di Cibinong Raya, saat ini yang telah berhasil ditata menggunakan konsep ini adalah situ Pemda, Situ Kabantenan dan Setu Cikaret.
Situ Pemda Cibinong
Situ ini terletak disisi Gedung DPRD Kabupaten Bogor. Lokasi yang menempel dengan Taman Plaza Cibinong yang telah ditata dengan indah dengan berbagai macam warna warni desainnya serta telah dilengkapinya fasilitas permainan bagi setiap kalangan masyarakat menarik banyak sekali pengunjung.
Dari pagi hingga petang, situ ini tidak pernah sepi dari  pengunjung.
Tidak mengherankan apabila saat ini, daerah situ Pemda Cibinong telah menjadi icon tersendiri bagi Cibinong Raya.
Situ Kabantenen
Situ ini terletak di Jalan Tegar Beriman, tidak jauh dari pusat pemerintahan daerah (Pemda) Kabupaten Bogor. Telah dibangunnya taman serta di tatanya area sekitar telah menjadikan setu ini menjadi lebih menarik untuk dikunjungi.
Banyak masyarakat yang datang untuk berrekreasi serta menghabiskan waktu liburnya di tempat ini.
Jalan setapak pun telah ditata dengan baik, hal ini dapat dilihat dari telah adanya pemasangan conblock untuk memudahkan pejalan kaki.
Situ Cikaret
Situ ini berlokasi tidak jauh dari RSUD Cibinong. Daerah sekitaran situ memang telah di perkuat pada sisinya, namun belum di revitalisasi secara maksimal bila dibandingakan dengan kedua setu lainnya.
Padahal, Situ ini dapat dikatakan sebagai Situ yang terbesar diantara kedua situ yang lainnya.
Namun demikian bukan tidak mungkin kedepannya penataan dapat dilakukan dengan lebih baik lagi sehingga dapat lebih mempercantik dan memperkuat konsep Situ-front city yang diusungnya.
Demikianlah paparan artikel ini oleh Pepen Gustamiaji – Mahasiswa Pascasarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Ragam