Connect with us

Pendidikan

Universitas Mahakarya Asia Gelar Kuliah Umum Bersama Kemenkop

Wartajakarta.com- Masih di awal tahun 2021, Universitas Mahakarya Asia (Unmaha) menggelar Mahakarya Asia Ministerial Lecture Episode. Hadir pada Episode 01, Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia yang diwakili Asdep Pengembangan SDM UKM Kemenkop, Dra. Dwi Andriani Sulistyowati, M.AB.  pada Senin (22/2). Turut hadir, Ustad Yusuf Mansur sebagai Ketua Dewan pembina Yayasan Cendikia Indonesia Sleman (YCIS), Dharma Setiawan MBA Ketua YCIS dan Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof. Dr.Didi Achjari M.Com., Ak., CA.

Asdep Pengembangan SDM UKM Kemenkop, Dra. Dwi Andriani Sulistyowati, M.AB. mengatakan UMKM telah terbukti pada tahun 1998 ketika krisis melanda Indonesia, UMKMlah sebagai penopang sehingga masih tegak berdirinya NKRI. Namun pada saat ini, pandemi Covid-19 menerjang NKRI justru yang paling runtuh lebih dahulu adalah UMKM. Pemerintah serta menteri juga mengarahkan untuk menaikkan UMKM supaya mengakses digitalisasi atau transformasi digital. Di tahun 2020 telah mencapai 13% UMKM yang terakses digital. Hal ini membuktikan bahwa hanya UMKM yang mengakses digitalisasi inilah yang mampu bertahan dalam usahanya.

Dia juga menuturkan bahwa untuk struktur UMKM Indonesia saat ini berbentuk segitiga atau piramida, namun beliau juga berharap kedepannya struktur UMKM Indonesia bisa berubah menjadi trapesium dan bisa menjadikan Indonesia sebagai negeri yang makmur dan sejahtera. Mengubah Indonesia dengan UMKM tujuannya yaitu mendorong UMKM ke dalam rantai pasok nasional dan global dengan target menurunkan biaya operasional dan transaksi, menurunkan risiko UMKM, UMKM digitalisasi serta perluasan pasar UMKM.

Pemerintah telah melakukan kegiatan-kegiatan untuk memulihkan ekonomi atau memulihkan keadaan UMKM dengan program-program seperti PEN. Perguruan tinggi memiliki sumber daya manusia muda berkualitas yang berlimpah, sehingga layak menjadi prioritas untuk penguatan dan pengembangan wirausaha muda produktif dan berkualitas.

Ketua Dewan Pembina YCIS, Ustadz Yusuf Mansur menuturkan jika ingin mencoba sesuatu yang hebat banget, ingin menjadi pengusaha sebenarnya bisa dimulai dengan berdoa. Benar-benar ingin menjadi pengusaha muda, kalian, anda, saya berdoa. Beliau menyampaikan untuk mencoba kekuatan doa itu, pagi, siang, sore, malam berdoa kepada yang maha kuasa, berdoa kepada yang maha menghendaki. Kemauan dalam berdoa kepada Allah yang kuasa dimulai saja dari sekarang.

“Ya Tuhan, jadikan aku pengusaha beri modalnya beri keperluan beri kebutuhan beri jalan, beri Ya Allah Ya Tuhan.kesempatan beri ridhoMu beri dukunganMu beri otak dariMu beri akal dariMu beri sistem beri ekosistem beri orang-orang yang mendukung. Hadirkan apasaja yang bisa membuatku menjadi pengusaha dan yang bisa membuat kawan dan saudaraku seIndonesia menjadi pengusaha. Ya Allah Ya Tuhan,jadikan aku dan kami semua di Unmaha pengusaha-pengusaha kesayanganMu, yang bisa bermanfaat untuk semua hamba-hambaMu, bisa bermanfaat untuk orang kecil, orang lemah”.

Beliau juga turut berdoa supaya Unmaha menjadi pilihan universitas nomor satu bukan hanya di Indonesia melainkan dunia karena ada Tuhan bersama kita.

Rektor Unmaha Ferro Ferizka menuturkan, acara ini terselenggara dengan spirit menjadikan Pendidikan tinggi merupakan tempat inovasi dan mensintesis ilmu pengetahuan. “Pembelajaran tidak saja dari para dosen, melainkan dari berbagai sumber yang berfokus pada pembelajar. Harapan kami, acara ini menjadi media kolaborasi yang berkelanjutan antara perguruan tinggi, industri dan pemerintah untuk menjadi sebuah ekosistem yang saling menguatkan.”

Setiap bulan, Unmaha Mengangkat satu tema yang menjadi pilar kemajuan bangsa menuju Indonesia Emas 2045. Unmaha mengundang satu menteri yang menjadi sumber acuan terpercaya untuk menunjukkan arah bangsa ini, diikuti beberapa tokoh terkemuka di bidang yang sama. Unmaha menghimpun para ahli di industri, untuk mencapai suatu misi. Memberikan kesempatan mahasiswa kami untuk bertarung dan setara, dalam menghadapi zaman yang penuh perubahan ini. Mahakarya Asia Ministerial Lecture Episode Episode 01 digelar secara daring. Untuk mendapatkan informasi terkini terkait kegiatandapat mengikuti akun media sosial instagram @mahakarya.asia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Pendidikan