Connect with us

Pendidikan

WIR Group Jalin Kerjasama Dengan Sampoerna University Hadirkan Ijazah Berbasis Blockchain

Wartajakarta.com-WIR Group (PT WIR ASIA Tbk), perusahaan teknologi imersif dan web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain terdepan di Asia Tenggara, Bekerja sama dengan Sampoerna University mempelopori penggunaan blockchain untuk autentikasi ijazah demi meningkatkan daya saing lulusan Sampoerna University.

Sistem ini, terkenal karena keamanan terdesentralisasi dan keandalannya, dirancang untuk menyimpan dan berbagi informasi institusi pendidikan secara aman, termasuk ijazah atau sertifikasi lainnya.

Dr. Marshall Schott, President dari Sampoerna University mengatakan, bahwa penerapan teknologi blockchain untuk pendidikan, khususnya untuk autentikasi ijazah, bukan hanya merupakan langkah inovatif, tetapi juga merupakan contoh nyata tentang bagaimana institusi pendidikan dapat berinovasi dan menyesuaikan diri dengan  percepatan transformasi digital saat ini.

“Untuk itu,kami sangat percaya bahwa penerapan teknologi blockchain adalah langkah penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang terdepan dan memberikan nilai tambah kepada seluruh komunitas akademis kami.

“ Sistem ini juga dapat mengatasi masalah terkait penipuan kredensial atau pemalsuan ijazah, menyederhanakan proses verifikasi dan memberikan kontrol lebih kepada mahasiswa atas catatan akademik mereka.”

Lebih lanjut Dr. Schott,mengatakan kami yakin langkah ini bisa menjadi awal yang baik dalam mempersiapkan mahasiswa kami untuk dapat bersaing di masa depan dengan terus mengedepankan kreativitas dan inovasi di dunia pendidikan saat ini.

Penggunaan dan inovasi teknologi merupakan upaya efektif dalam peningkatan percepatan transformasi digital. Pemanfaatan teknologi berbasis blockchain merupakan inovasi penting dalam verifikasi kredensial dalam dunia pendidikan.

Untuk itu Sampoerna University memastikan ijazah yang diterbitkan dapat dengan mudah diverifikasi dan diakui secara global. Implementasi teknologi blockchain diharapkan dapat memberikan kepercayaan yang lebih tinggi kepada mahasiswa para pemberi kerja dan pihak-pihak lainnya.

“Kolaborasi ini selaras dengan penerapan sistem pendidikan ala Amerika yang diadopsi oleh Sampoerna University sendiri.“Pemanfaatan blockchain untuk autentikasi ijazah mencerminkan implementasi sistem pendidikan bergaya Amerika di Indonesia, di mana pendekatan pendidikan ala Amerika menekankan agility dalam menghadapi dinamika perubahan zaman,’kata Gupta Sitorus, Group Chief Sales and Marketing Officer WIR Group

 Kami yakin dengan menerapkan teknologi blockchain dalam autentikasi ijazah ini, Sampoerna University dapat lebih mempersiapkan lulusannya agar siap bekerja dan bersaing di dunia Internasional,” tegasnya.

 “Kami menyambut baik rencana jangka panjang yang dilakukan Sampoerna University untuk penerapan autentikasi ijazah yang berbasis blockchain. Dengan adanya kolaborasi antara WIR Group dan Sampoerna University, kedua belah pihak dapat menjadi pionir untuk memanfaatkan potensi penuh teknologi blockchain yang lebih aman, transparan dan efisien dalam menjawab tantangan transformasi digital kedepan,” tambah Gupta.

Melalui sistem ini, Sampoerna University terus berinovasi untuk meningkatkan ketangkasan mahasiswa dan lulusannya dalam menghadapi dinamika perubahan zaman,juga sebagai pionir dalam autentikasi ijazah berbasis blockchain, Sampoerna University ingin menjawab keraguan atas dampak negatif dari teknologi blockchain. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Pendidikan