Connect with us

Olahraga

BAF LIONS RUN 2024, Run For The Youth Targetkan 4500 Peserta

Wartajakarta.com – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun ini merupakan tahun keenam kegiatan berseri BAF Lions Run yang diselenggarakan oleh YLI sejak tahun 2019.

“Tema-tema yang diambil sesuai dengan Service Focus dari Lions Clubs International yaitu Childhood Cancer, Vision, Diabetes, Environment, Relieving the Hunger, Youth, Disaster Relief, and Humanitarian Service”, ungkap Willy Suwandi Dharma, Ketua Pengurus Yayasan Lions Indonesia. Pada 2024, BAF Lions Run dengan tema “Run for The Youth” ditujukan untuk pengembangan diri generasi muda Indonesia, khususnya Insan Berkemampuan Khusus (IBK). Tema tersebut sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia nomor 4, 5, dan 8 yaitu pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, serta pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Acara ini didukung penuh oleh BAF sebagai title sponsor. Lynn Ramli, Presiden Direktur BAF mengungkapkan dukungan BAF pada charity run ini selaras dengan tujuan program Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan yang telah dijalankan oleh BAF. “Event ini menjadi salah satu wujud kepedulian BAF terhadap anak muda Indonesia, terutama Insan Berkemampuan Khusus untuk mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan agar memiliki kesempatan yang sama untuk memasuki dunia kerja,” ungkap Lynn.

Lynn menambahkan, “BAF Lions Run setiap tahunnya diharapkan dapat terus memberikan dampak positif dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan, khususnya generasi muda berkemampuan khusus.” 

Sementara itu A Lung Ng Managing Director PT. Bussan Auto Finance melihat bahwa Insan berkemampuan khusus punya semangat yang pantang menyerah. Sehingga mereka bisa berkarya bekerja seperti orang yang normal, hal inilah yang ingin kami tanamkan kepada mereka. 

“Kami di BAF sudah menjalin kerjasama yang baik dengan Lions club selama bertahun-tahun”. Alasannya karena program charity yang diadakan oleh Lions club itu bagus dan perlu di dukung, ujarnya.

BAF Lions Run 2024 merupakan charity run event berjenis hybrid dengan total 4 kategori jarak offline race yaitu 3K Fun Run, 5K, 10K, dan Half Marathon, serta 3 kategori jarak lari virtual yang dapat diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dan luar negeri, yakni 21K, 42K, dan 100K.

“Hal yang berbeda pada tahun ini adalah pelaksanaan Virtual Run dilakukan lebih awal sebagai pembuka kemeriahan rangkaian event pada periode lari 17 Agustus hingga 15 September 2024. Sementara untuk Offline Race akan diadakan pada Minggu, 1 September 2024 di kawasan QBIG BSD City Sinarmas Land, Banten di mana YLI menggandeng Idea Run beserta Cause ID dalam pelaksanaan BAF Lions Run 2024″ ungkap Eddy Lie, Ketua Panitia BAF Lions Run 2024. 

Ia menambahkan bahwa insan berkemampuan khusus ini merasa invarian. Jadi, kami melalui program imparsial memberikan edukasi kepada mereka untuk membangun rasa kepercayaan diri mereka supaya mereka berani ke market place.

“Terkadang mereka memiliki kemampuan secara knowledge tetapi belum tentu mereka memiliki keberanian untuk masuk ke market place dan melamar ke sebuah pekerjaan” ujarnya. 

“Jadi, disini kami ingin membangun rasa percaya diri mereka agar mereka mandiri dan pada saat yang bersamaan mereka mempunyai kemampuan untuk masuk ke market place,” imbuhnya.

Terkait target Eddy menjelaskan bahwa Tahun ini kami menargetkan jumlah peserta 4500 orang dan sampai saat ini ada sekitar 700 orang yang sudah mendaftar untuk yang offline.

Eddy berharap semua hasil keuntungan dari acara ini bisa kami sumbangkan semua kepada program Youth Charity Run selain itu ia berharap event ini akan menjadi event atau agenda rutin tahunan. 

Pendaftaran untuk seluruh kategori telah dibuka sejak 26 April 2024 hingga 30 Juni 2024 melalui website baflionsrun.id. Tata cara dan informasi lainnya dapat dilihat melalui akun Instagram BAF Lions Run (@lionsrunindonesia), Idea Run (@idea.run), serta Cause ID (@causeid). 

BAF Lions Run 2024 diharapkan dapat menggalang dana melalui donasi dari peserta dan dana yang diperoleh dari sponsor. Dana donasi yang terkumpul akan digunakan YLI bersama Lions Clubs Indonesia untuk pelatihan para Insan Berkemampuan Khusus dalam menciptakan karakter yang mandiri dan percaya diri. 

Hasil dari kegiatan BAF Lions Run pada tahun-tahun sebelumnya telah diwujudkan dalam berbagai bentuk sesuai dengan tema yang diangkat, antara lain pendirian Rumah Singgah Lions bagi anak-anak penderita dan penyakit bawaan kanker (Childhood Cancer), pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis untuk anak-anak (Vision), pengendalian diabetes bagi anak-anak Indonesia (Diabetes), program Lions Goes To School #KitaPilah di mana anak-anak diajarkan peduli lingkungan dengan memilah sampah dan memisahkan sampah plastik pada kotak pengumpulan atau drop box (Environment), serta pembuatan sarana aplikasi Lions Good Bank untuk menyalurkan kebutuhan pangan, pakaian, dan vitamin (Relieving the Hunger). 

Mari siapkan diri kita untuk mengikuti BAF Lions Run 2024, Run For The Youth !

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Olahraga