Connect with us

Nasional

Indonesia Numismatic Show 3
Kembali Hadir di Mal Ciputra Jakarta

Wartajakarta.com-Mal Ciputra Jakarta sebagai mal yang senantiasa ingin memberikan yang terbaik bagi pengunjung setianya, kembali bekerjasama dengan Masyarakat Numismatik Indonesia (MNI) mengadakan Indonesia Numismatic Show. Suatu kegiatan mengumpulkan benda-benda terkait uang, seperti uang kertas, uang koin, token, dan benda-benda terkait lainnya yang pernah beredar dan digunakan masyarakat, akan kami hadirkan kembali pada 23 hingga 26 Mei 2024 di Center Court Mal Ciputra Jakarta lantai Lower Ground.

Indonesia Numismatic Show INS 3 atau INS 3 adalah acara eksklusif kolektor numismatik yang berlangsung di Mal Ciputra Jakarta selama empat hari. Hadir untuk memperkenalkan keanekaragaman koleksi numismatik Indonesia sehingga mampu menjadi pertunjukkan koin kelas dunia. Untuk mencapai tujuan ini, MNI berusaha menghadirkan Pertunjukkan Koleksi Numismatik, Talkshow, dan Pameran Sejarah Uang Indonesia. INS 3 acara yang fokus utamanya menyajikan koleksi Numismatik Indonesia.

Seperti sebelumnya, INS 3 bisa dijadikan sebagai tonggak kegiatan numismatik di Indonesia yang kali ini berfokus unjuk kebolehan numismatik Indonesia di kancah internasional. Tidak berhenti di situ, INS 3 berhasil menggaet 62 tenant untuk hadir mengikuti rangkaian acara dengan lebih dari 14 tenant International, diantaranya dari Amerika Serikat, Hong Kong, Singapura, United Kingdom, Kanada, China, Rusia, Uni Emirat Arab, Belanda, Ukraina, dan Filipina. Semakin lengkap pada INS 3 dengan kehadiran PT Antam Tbk. UBPP Logam Mulia, PERURI, dan Bank Indonesia yang turut menyemarakkan event.

“Kami terus berupaya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk mempelajari, meneliti, melestarikan sejarah budaya bangsa berupa uang kertas, koin, token, medali dan barang-barang sejenis yang merupakan peninggalan sejarah. Pada INS ke-3 ini kami lebih fokus ke kegiatan jual beli, selain itu juga hubungan baik dengan dalam negeri dan luar negeri masih terjalin dengan sangat baik, dibuktikan dengan kehadiran peserta International sebanyak 14 peserta. MNI sangat senang dan bangga dapat kembali menggelar kegiatan Idonesia Numismatic Show di tahun 2024 ini.” ujar Sunardji, Ketua Umum MNI.
“Untuk ketiga kalinya Mal Ciputra Jakarta terpilih sebagai tempat penyelenggaraan acara bergengsi Indonesia Numismatic Show. Diharapkan dapat menjadi sarana edukasi sejarah bagi para pengunjung dan masyarakat pada umumnya sehingga bisa lebih mengenai cerita dibalik uang koin dan uang kertas yang beredar baik di Indonesia dan dunia. Melalui event ini juga kami ingin memberikan pengalaman edukatif dan atraktif yang tak terlupakan untuk para pengunjung setia”, ujar Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta.
Pada INS 3, Mujirun Engraver salah satu pelukis uang Republik Indonesia hadir untuk menghibur dan memberikan pengalaman para pengunjung untuk bertemu langsung salah saku tokoh sejarah Indonesia, juga melalui karya-karya yang dipamerkan di boothnya.

Selain itu, di sekitar area pameran INS 3 juga disediakan panel edukasi untuk mengedukasi pengunjung tentang sejarah numismatik di Indonesia dengan menghadirkan beragam alat tukar di Indonesia, baik berupa koin logam hingga uang kertas, mulai dari zaman kerajaan hingga emisi terbaru. Edukasi ini menghadirkan bagaimana sejarah rupiah, mata uang Indonesia, resmi digunakan sebagai alat transaksi yang diakui oleh negara dan masyarakat secara luas.

Peserta pameran dalam acara ini antara lain: PCGS, Stack’s Bowers, Monetarium Auction, SPINK & SON, Hobikoe, ANTAM Logam Mulia, Bank Indonesia, Masyarakat Numismatik Indonesia, Gino Coin and Banknote, PERURI, Mint Indonesia CH, Agnesya Stamps – IPEA, Pos Indonesia, MNI – Diecast Gallery, MNI – Trading Card Gallery, Numismatik Kolektor, Numismatik Kolektor, MabeS Collectibles Guaranty
Hobi Sultan, Mujirun Engraver, Surya Numismatik, Dayma Galeri Numismatik, Pandawa, Agus Wangyuensi, 8delapan, J.S.C & Fuk Hoi, Collections, DW Coins, Tulus Numismatik, Genta Numismatik, Batam Numismatik (Bank), Henry Numismatik, Tekad Collection, Indra Christian, Indonesia Numismatic Center, Bullionspot, Kolektor Oeang Koeno, Uang Kuno Solo, GoldenCoins999, Coins & Collectibles Centre Inc, Ing Tju, IndoCoin, Teddy Coin, Tea First PH, Djoko Detos, Nusantara Auction, JNA Numismatik, Ak Collection, Denis Lapaev, Java Auction, Icoinic Collections, Wakim Wakim, Crown Currency, Detector24, World Money Exchange dan Numistreasures

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional