Connect with us

Nasional

INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA PEDULI PRODUK UMKM PAVING BLOCK

Wartajakarta.com– Program Studi Teknik Sipil menerapkan Teknologi Tepat Guna Produk Bata Beton/Paving block Penunjang Green Economy. Program Studi Teknik Sipil – Institut Teknologi Indonesia (ITI), melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada UMKM bata beton di Desa Cisauk, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Kegiatan ini mendapat dukungan Dana Pengabdian Masyarakat dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Nomor: 710/LL3/AK.04/2022, Tanggal 06 Juli 2022. Berbasis Kompetitif Nasional Tahun 2022 dengan judul “Penerapan Teknologi Tepat Guna pada Industri Kecil Melalui Perbaikan Sistem Produksi Bata Beton Penunjang Green Economy”.

Kebutuhan akan bata beton/paving block untuk bahan bangunan infrastruktur seperti jalan lingkungan, pedestrian, tempat parkir, halaman kantor, taman tempat bermain, dan kebutuhan lainnya untuk perkerasan tanah terus meningkat. Terutama di daerah yang sedang berkembang. Di daerah Tangerang Selatan, industri kecil bata beton bertumbuh sangat pesat. Salah satu industri kecil yang berlokasi 4,5 km dari kampus ITI mempunyai permasalahan dalam kualitas produksi dan dalam memasarkan produknya. Disini ITI hadir untuk mendampingi dan memberi pelatihan dalam menyelesaikan permasalahan dengan menerapkan teknologi tepat guna. Kegiatan ini melibatkan Dosen Tetap dari Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknologi Industri Pertanian, dan Program Studi Teknik Elektro serta melibatkan Mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Keterlibatan mahasiswa disini untuk mendukung Program Kebijakan MBKM serta meningkatkan kompetensi lulusan Teknik Sipil ITI, jelas Dr. Sc-Ing. Ir. Riana Herlina L, MT selaku Dosen Tetap Teknik Sipil ITI yang juga sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat tahun anggaran 2022, Program Kemitraan Masyarakat dari Kemendikbutristek.

Ketua Tim Pelaksana kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Dr. Sc-Ing. Ir. Riana Herlina L, MT menyampaikan bahwa, mitra industry kecil/ UMKM ini berkeinginan meningkatkan produksi dan memperluas pemasaran produknya serta berkeinginan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai dan masyarakat daerah sekitarnya. Hasil pengamatan kami dilokasi terhadap pembuatan campuran material dan metode pembuatan produk, perlu diberi sentuhan teknologi untuk dapat meningkatkan kualitas yang berimbas pada peningkatan penjualan produk. Metode yang digunakan dengan menerapkan hasil penelitian yang telah kami lakukan dalam komposisi produk bata beton ramah lingkungan. Selain itu bersama mitra memperbaiki system produksi dan perbaikan peralatan pencampuran berdasarkan teknnologi tepat guna. Target luaran produksi menjadi dua kali lipat, pemasaran menjadi lebih luas menggunakan media elektronik, peningkatan pemberdayaan mitra MBKM untuk menunjang green economy, dan dengan ikut sertanya mahasiswa MBKM akan meningkatnya kepedulian mahasiswa terhadap daerah sekitarnya. Serta tercapai nya Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi baik untuk Dosen maupun untuk Mahasiswa.

Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam Program Kemitraan Masyarakat yang dilakukan oleh Tim dari ITI (Dr.Sc-Ing. Ir. Riana Herlina L, M.T.; Ir. Raskita Saragih, M.S.: Dra. Sri Yatmani, M.Si.; Eka Apriliasi, ST, MT) diharapkan kerjasama dengan mitra UMKM dapat terus berlanjut dalam mengembangkan inovasi produk lainnya serta kualitas produk bata beton/Paving block berbasis green economy melalui penerapan teknologi tepat guna dapat terus ditingkatkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional