Connect with us

Pendidikan

Kiddo.id Menyelenggarakan Kiddofest 2022  

Warta Jakarta.com- Jakarta

 Kiddo.id, aplikasi pilihan pertama orang tua untuk mengembangkan potensi anak melalui aktivitas, kursus, dan konten berkualitas, pada hari ini (10/11) membuka perhelatan Kiddofest 2022 di Main Atrium Pluit Village Mall, Jakarta Utara. Festival yang berlangsung selama empat hari (10-13 November 2022) ini mengusung tema ‘Celebrating Uniqueness’ atau ‘Merayakan Keunikan’ dan dibuka secara resmi dengan sambutan dari Bapak Agus M. Solihin, selaku Koordinator Kajian Konten Penguatan Karakter, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

 

“Tema ‘Celebrating Uniqueness’ yang kami angkat tahun ini juga turut mendukung rencana kerja pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Indonesia. Kami percaya setiap anak perlu diberikan pendidikan sesuai dengan keunikannya sehingga mereka bisa menggapai cita-citanya secara maksimal,” tutur Analia Tan, CEO Kiddo.id, kepada WartaJakarta , Kamis ( 10/11) sàat Jumpa Pers Opening.

 

Untuk menggali keunikan dari setiap anak, di hari pertama Kiddofest 2022 digelar talkshow bertajuk “Merayakan Keunikan Potensi Setiap Anak” yang menghadirkan pembicara utama CEO Kiddo.id Analia Tan, psikolog Erika Kamaria Yamin, dan kakak-beradik peraih medali emas Olimpiade Matematika dan Sains, Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo. Analia menambahkan, Kiddofest 2022 menghadirkan pilihan berbagai aktivitas pendidikan untuk menggali dan mengembangkan potensi anak sedari dini sehingga para orang tua dapat memilih yang terbaik sesuai dengan talenta buah hatinya.

 

Sementara itu, psikolog anak Erika Kamaria Yamin, M.Psi menyebutkan, ”Peran orang tua sangat penting dalam masa-masa usia emas untuk memberikan stimulasi yang tepat kepada anaknya untuk menggali minatnya sendiri. Orang tua sebaiknya memberikan stimulasi yang seimbang dalam faktor-faktor tumbuh kembang anak yang mencakup pertumbuhan fisik, kognitif, motorik, bahasa dan sosial emosi. Jika stimulasi yang diberikan sudah seimbang, tugas orang tua adalah mendampingi anaknya mengembangkan minat dan potensinya sambil tetap menjaga keseimbangan faktor-faktor tersebut.”

 

Menurut Erika, orang tua perlu memberi ruang bagi anak dalam bereksplorasi dan mencoba hal-hal baru yang positif. Erika memandang positif beragam aktivitas dan pilihan kursus yang hadir dalam Kiddofest 2022 sehingga membantu orang tua untuk memilih program-program guna menggali minat dan potensi anak.

 

Sementara itu, Mischka Aoki (14) dan Devon Kei Enzo (13) kakak-beradik yang menjadi juara pada ajang World Mathematics Invitational 2021 dan International Geography Olympiad 2021 membagikan tips bagi anak-anak Indonesia untuk memaksimalkan minat dan potensi yang dimilikinya. Menurut mereka berdua, ketika melakukan suatu aktivitas yang didasari rasa suka maka akan memberikan dampak dan hasil luar biasa. Mischka dan Devon menyukai aktivitas yang ada kaitannya dengan berhitung, semisal brain games, matematika quizzes, atau adu tebak-tebakan bersama orang tua mereka.

 

Kiddofest 2022 merupakan festival keluarga tahunan yang diadakan oleh Kiddo.id sejak tahun 2018. Namun tahun ini menjadi berbeda karena ajang festival tahunan ini sekaligus menjadi selebrasi bergabungnya Kiddo.id sebagai bagian dari keluarga besar Flying Cape Group dari Singapura.

 

Flying Cape Group merupakan perusahaan edukasi teknologi yang telah melayani ratusan ribu pengguna di kawasan Asia. Aksi korporasi ini menghasilkan sinergi yang sangat baik karena membuka jalan bagi perusahaan Singapura untuk masuk pasar Indonesia, dan begitupun sebaliknya. Lebih dari 1.500 mitra edukasi yang sudah bergabung di Kiddo.id juga akan memiliki akses cepat untuk mengepakkan sayapnya ke pasar internasional.

 

Sebagai bukti konkret, ada sembilan mitra edukasi Singapura yang akan menjajal pasar Indonesia melalui edufair yang ada di Kiddofest 2022. Mereka adalah Our Music Studio, Stag Match, Neuromath Learning Centre, Jopez Academy, Kidspreneurship, Kodecoon Academy, VivaLing Online Language Academy, The Global Citizen Education Group, dan Lil’ But Mighty.

 

“Kami dengan senang hati menyambut Kiddo.id sebagai anggota baru Flying Cape Group. Dengan kolaborasi ini, kami selangkah lebih dekat untuk membangun jaringan regional terintegrasi dimana pelajar dan penyedia pendidikan di Indonesia dan Singapura dapat terhubung dengan mulus terlepas dari lokasi geografis,” ujar Lydia Ang, Direktur Flying Cape yang juga turut hadir dalam acara pembukaan Kiddofest 2022.

 

Hal ini turut sejalan dengan program Karakter Berkebhinekaan Global Kemdikbudristek RI yang mengutamakan pendidikan berbasis karakter dengan mengusung berbagai nilai positif, antara lain menghargai keberagaman dan perbedaan serta memiliki kemampuan komunikasi interkultural.

 

“Kami berharap Kiddofest menjadi momen yang tepat bagi orang tua untuk mengeksplorasi keunikan anak-anaknya serta membantu anak merayakan keunikannya lewat berbagai aktivitas dan kursus yang sesuai dengan kekuatan mereka. Ayo bersama kita siapkan generasi penerus bangsa untuk hadiah ulang tahun Indonesia yang ke-100 di tahun 2045,” tambah Analia.

 

Selama empat hari pelaksanaannya, Kiddofest 2022 juga akan dimeriahkan oleh berbagai kompetisi dan aktivitas gratis untuk anak-anak serta penampilan dari Sekolah Pelita Harapan, Lomba Tari Saman antar SMP, penampilan musik “Mami Peri dan Sahabat Bintang” dari Bintang Kecil, penampilan spesial dari Syakira Idola Cilik dan artis cilik Quinn Salman.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pendidikan