Connect with us

Nasional

Kolaborasi Dan Transformasi Usaha Transportasi Logistik Berkeselamatan Melalui Perizinan Berbasis Resiko

Wartajakarta.com- Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Pm 13 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Pm 12 Tahun 2021 Tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Transportasi. Pengurusan perijinan berbasis resiko sudah dilakukan melalui Online, termasuk di Sektor Usaha Transportasi.

Perusahaan Angkutan Barang mengurus perijinan berbasis resiko sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan. Pemenuhan perijinan ini bertujuan dalam menciptakan usaha transportasi yang berkeselamatan dan profesional. Tingkat kecelakaan masih cukup tinggi di dalam sektor usaha transportasi, khususnya kecelakaan di Angkutan Darat.

Digitilasasi adalah sudah menjadi keharusan dalam semua sektor usaha, termasuk Sektor Transportasi dan Logistik. Program National Logistics Ecosystem (NLE) menjadi program digitalisasi disektor transportasi dan logistik, dengan diterbitkannya Instruksi Presiden No. 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

Melalui FGD ini, diharapkan memperoleh masukkan-masukan dari pelaku usaha dan para stakeholder terhadap pelaksanaan program Sistem Manajemen Keselamatan (SMK), Perijinan Usaha Berbasis Resiko serta Digitalisasi Usaha Sektor Transportasi dan Arus Barang.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan kegiatan ini.

Selanjutnya, FGD dengan tema “Kolaborasi dan Transformasi Usaha Transportasi Logistik Berkeselamatan Melalui Perijinan Berbasis Resiko” , Saya nyatakan resmi dibuka, jelas Ir. Danto Restyawan, M.T. Direktur Sarana Angkutan Jalan

Mustajab Susilo Basuki Ketua Umum Klub Logindo menyampaikan pelaku pengusaha logistik transportasi prihatin dengan banyak terjadi kecelakaan dimana-mana khususnya angkutan barang. Dengan banyaknya kejadian kecelakaan ini, kita inisiasi bisa menyampaikan hal ini ke kementerian perhubungan, ternyata terus bersambung dengan didukungnya alat transportasi jalan, jelas Susilo.

Kita adakan Forum Discussion ini untuk kita benar-benar mengali masalah-masalah yang ada dilapangan langsing dari pelaku praktisi dilapangan, pelaku-pelaku logistik ini banyak dari UMKM juga maka bagaimana kita mencoba mengangkat permasalahan mereka ke departemen terkait, pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional