Connect with us

Nasional

KOMANDAN LANAL BATAM PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2022

Wartajakarta.com-Batam,- Lanal Batam gelar upacara peringatan hari Dharma Samudra tahun 2022 di Lapangan Apel Mako Lanal Batam, bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, S.H., M.H., Komandan Upacara Dansatma Lanal Batam Kapten Laut (PM) Achmad Haikal serta diikuti seluruh Prajurit dan ASN Lanal Batam, Sabtu (15/01/2022).

Hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari setiap tahunnya. Peringatan ini ditujukan untuk memperingati peristiwa heroik yaitu Pertempuran Laut Aru antara Tentara Indonesia dengan Belanda untuk membebaskan Irian Barat pada tanggal 15 Januari 1962 di Perairan Maluku.

Dalam upacara tersebut Komandan Lanal Batam menyapaikan amanat Kepala Staff angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh peserta upacara.

Dalam petikan amanat tersebut yang intinya momentum peringatan hari Dharma Samudera kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai Patriotisme, Heroisme serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang-pejuang samudera dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta. meskipun tantangan yang kita hadapi hari ini tidak persis sama dengan masa yang lalu, namun prinsip dan nilai-nilai kepahlawanan tidak akan pernah berubah, apapun tantangan yang kita hadapi sekarang dan yang akan datang. kapanpun tugas negara memanggil, akan kita pertaruhkan jiwa dan raga di bawah panji merah putih.

selaras dengan semangat “JALESVEVA JAYAMAHE”, Justru di Laut Kita Jaya, saya berharap agar setiap peringatan hari Dharma Samudera dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut, bangsa yang irama nafasnya seiring dengan irama gelombang Samudera,Ujar Kasal dalam Amanatnya.

Selesai pelaksanaaan upacara di Mako Lanal Batam dilanjutkan dengan upacara tabur bunga yang dilaksanakan di Perairan dermaga Lanal Batam.

Hadir dan mengikuti pelaksanaan upacara peringatan hari Dharma Samudra Palaksa Lanal Batam Letkol Laut (KH) Haridus, S.H., M.H., M.Tr. Opsla., Pasintel Lanal Batam Mayor Laut (T) Taqwim, Pasminlog Lanal Batam Mayor Laut (T) Febriawan Syawal, S. Tpi., Ka. Akun Lanal Batam Mayor Laut (S) Bahagianta Barus, S.E., Paspotmar Lanal Batam Mayor Mar Cisworo., Dandenpomal Lanal Batam Kapten Laut (P) Tegar Adami., PgS. Pasops Lanal Batam Kapten Laut (P) Philipus ES., Serta seluruh Pama, Bintara, Tamtama dan ASN Lanal Batam.

Pelaksanaan Upacara dan Tabur Bunga tetap menerapkan protokol kesehatan secara Ketat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional