Connect with us

Nasional

Mendes PDTT Umumkan 50 Pemenang Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara Tahap II

Wartajakarta.com– Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengumumkan 50 Pemenang Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara Tahap II dalam acara Malam Penganugerahan yang digelar di Pullman Hotel, Rabu (14/12/2022).

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini juga menyerahkan Plakat dan hadiah untuk pemenang urutan 11 hingga 50.

Mengawali acara, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito dalam sambutannya mengatakan Lomba Promosi Desa Wisata sudah berlangsung sejak Januari – Desember 2022.

Dikatakan Sugito, hadiah pemenang lomba tahap I sudah berikan pada bulan Juni 2022 dalam acara penganugerahan pemenang lomba yang saat itu dihadiri oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

“Jumlah peserta sebanyak 1.547 desa dengam total voters atau pemilih mencapai 1.304.635,” kata Sugito.

Adapun lima besar Pemenang lomba tahap II ini, peringkat pertama adalah Pantai Lagunci di Desa Bahari Tiga Kecamatan Sampolawa, Buton Selatan sukses menjadi yang terbaik dengan 56.743 Like atau voters.

Kemudia Peringkat Kedua, Kampung Galung di Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai dengan 48.971 Like.

Di posisi ketiga, Wisata Kaburaburana di Desa Lawela Selatan Kecamatan Batauga, Buton Selatan yang berhasil meraih 25.870 Like.

Peringkat ke empat, Kolam Air Tawar Tepi Pantai di Desa Watiginanda Kecamatan Sampolawa, Buton Selatan dengan 11.146 Like.

Melengkapi lima besar, Kissidan Eco Hill di Desa Sidan Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar dengan 10.047 Like.

Kemudian Gus Halim menemani Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan plakat dan hadiah kepada 10 besar pemenang Lomba Promosi Desa Wisata 2022.

Kemeriahan Malam Anugerah Pemenang Lomba Promosi Desa Wisata diramaikan dengan Stand Up dari Komika Dodit Mulyanto dan Aksi pangung Ndarboy.

Turut hadir dalam acara ini Menko PMK Mujadjir Effendy, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid, Pewakilan Negara Sahabat dan Mitra Kemendes PDTT.

Selain itu, Juga hadir para Bupati, Pejabat Tinggi. Madya dan Pratama di lingkungan Kemendes PDTT.

Sebagai informasi, Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara II adalah kelanjutan dari lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahap I yang sudah diumumkan pada bulan Juli 2022. Lomba yang berhadiah berhadiah total 1 milyar ini digelar untuk mendorong desa-desa wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan BUM Desa Bersama tumbuh dan bangkit pasca pandemi. Adapun kriteria pemenang pada lomba II ini adalah 50 Desa Wisata yang berhasil mendapat like alias tanda jempol terbanyak dari pengunjung atau wisatawan melalui aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dapat diunduh di android dan IOS.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional