Connect with us

Nasional

Pegadaian Peduli Ajak Relawan Bakti BUMN Batch V Bangkitkan Sumatera Barat

Wartajakarta.com-Padang – Kementerian BUMN melalui PT Pegadaian sukses menggelar kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch V di Padang, Sumatera Barat. Keberhasilan dari kegiatan yang berlangsung dari tanggal 19 hingga 22 Mei 2024 ini mendapat apresiasi dari PJ Walikota Kota Padang, Andree Harmadi Algamar.

Kepala Divisi Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan PT Pegadaian, Rully Yusuf menyampaikan bahwa Pegadaian mendukung penuh kegiatan Relawan Bakti BUMN, sebagai penerapan budaya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) bagi para Pegawai BUMN group.

“Kali ini Pegadaian dipercaya oleh Kementerian BUMN untuk menjadi tuan rumah pada salah satu lokasi Relawan Bakti BUMN Batch V di Sumatera Barat. Tentu kami sangat mendukung dan bangga kepada seluruh relawan yang berkontribusi pada kegiatan sosial kemasyarakatan melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), dari 12 ribu total pendaftar terpilih 100 pegawai BUMN, dimana terdapat 10 pegawai yang menjadi relawan di Sumbar,” ujar Rully.

Kegiatan diawali dengan penyerahan bantuan dari Relawan Bakti BUMN Batch V untuk korban bencana galodo, banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi yang telah telah menelan puluhan korban jiwa dan kerusakan sarana dan prasarana umum maupun pemukiman masyarakat Sumatera Barat. Bantuan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Pegadaian dan Kementerian BUMN terhadap masyarakat yang terdampak. Adapun seremoni penyerahan dilakukan di Kantor BPBD Sumatera Barat, dan diterima langsung oleh Sekretaris BPBD Sumatera Barat, pada Minggu (19/05).

Peduli terhadap pendidikan, Relawan Bakti BUMN Batch V mengunjungi berbagai Sekolah di Sumatera Barat. Dimulai dari SDN 40 Korong Gadang Kuranji, Relawan Bakti BUMN Batch V tersebut memberikan 120 paket meja dan kursi, paket tong sampah terpilah untuk mendukung sarana belajar dan mengajar di Sekolah, serta memberikan materi edukasi bertema “Cita-Citaku”. Kemudian para relawan juga mengunjungi SMK Negeri 1 Sumatera Barat dan SMK PP Negeri Padang untuk mengajarkan praktik pemilahan sampah dan teknik penanaman biopori, serta memberikan paket tong sampah terpilah dan sharing session tentang “Berkarir di BUMN” untuk 1.200 siswa pada tanggal 21 Mei 2024.

Tidak hanya itu, relawan juga memberikan sosialisasi mengenai stunting kepada Ibu rumah tangga di sekitar Puskesmas Ambacang Kuranji. Relawan Bakti BUMN juga tak lupa menyapa anak-anak tahfidz penghafal Al-Quran di Kota Padang. Selain mengaji bersama, pada kesempatan tersebut relawan memberikan 40 paket Alquran, sarung dan mukena kepada Perguruan Tahfidz Masjid Jami Ambacang.

Aksi beach clean-up di Pantai Puruih Kota Padang juga menjadi bagian penting dari rangkaian kegiatani, aksi bersih-bersih pantai ini menggandeng seluruh anggota Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (FOSEPSI) Kota Padang bersama dengan Bank Sampah binaan PT Pegadaian yaitu Bank Sampah Pancadaya.

Tak hanya tentang pendidikan dan lingkungan, Program Relawan Bakti BUMN Batch V mengajak masyarakat yang memiliki usaha mikro untuk ikut hadir dalam pelatihan digital marketing dan permodalan untuk mendukung peningkatan usaha UMKM dan produk lokal di Kota Padang, dilanjutkan dengan pembekalan dari pengurus BUMN Muda Pusat tentang karir dan social skill sebagai karyawan BUMN. Acara ini diisi langsung oleh Direksi holding pangan BUMN yaitu Bernadetta Raras selaku Direktur Supply Chain Management dan IT IDFOOD.

Kegiatan Relawan Bakti BUMN Batch V Sumatera Barat ini diakhiri dengan pertunjukan malam budaya dengan menampilkan tari tradisional “Indang” yang ditampilkan oleh para relawan, serta pemberian hadiah bagi para ranger sampah pada kegiatan beach clean up. Harapannya kegiatan ini akan terus berlanjut, sehingga tidak hanya memberikan kesempatan untuk para karyawan BUMN terlibat langsung dalam kegiatan TJSL, namun menjadi garda terdepan yang peduli tentang pendidikan, lingkungan dan UMKM. PT Pegadaian berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan serupa untuk membangun Indonesia yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional