Connect with us

Nasional

RAPAT PLENO SENAT INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA (ITI) PADA PEMILIHAN KEGIATAN TERBAIK

Wartajakarta.com-Senat Institut Teknologi Indonesia (ITI) mengadakan rapat pleno senat terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbudristek, pada Senin, (27/12/2021).

Institut Teknologi Indonesia (ITI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerima hibah dari Kemendikbudristek berupa hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dengan jumlah Rp2 miliar lebih. Selain itu, ITI juga menerima hibah Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta dengan jumlahRp 1,3 miliar.

Pada hibah Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian masyarakat ini, terdapat 3 judul kegiatan penelitian dan 4 judul kegiatan pengabdian masyarakat yang didanai. Tiga judul penelitian tersebut, antara lain, Revitalisasi IndustriAlat Berat dengan Program Link and Match Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Kerja Magang). Kemudian, Peningkatan Pembelajaran Kolaboratif melalui lmplementasi Program MBKM untuk meningkatkan Kompetensi Lulusan Teknik Kimia Institut Teknologi lndonesia (lTl), serta Efektivitas Kegiatan Kolaboratif Program StudiArsitektur lTl dengan SMK Negeri4 Kota Tangerang Selatan Dalam Program MBKM Skema Asisten Mengajar diSatuan Pendidikan.

Sedangkan judul kegiatan pengabdian masyarakat (PKM), diantaranya, Penerapan Hasil Penelitian MFC Dari Limbah Serat TKKS dan Sampah Plastik Multilayer Pada Paving Block di Tempat Pembuangan Akhir IPST ASARI-Kota Cilegon. Lalu, lmplementasi MBKM Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Makanan ‘”Tek Noeni ” dan Minuman Kesehatan “Saina Quantum Nusantara” Di Kota Tangerang Selatan.

Kemudian, Hilirisasi Hasil Penelitian Cocozon Oilsebagai Bahan Baku Hand Natural Soap. Dan, Penerapan Teknologi Proses Produksi KacangSangrai di Kelurahan Keranggan Kecamatan Setu Tangerang Selatan.

“Ada tujuh judul penelitiannya berkisar bagaimana dampak kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah diluncurkan Kemendikbudristek selama satu tahun ini terhadap kegiatan pembelajaran dan dampaknya kepada dosen, mahasiswa, serta mitra industri,” kata Rektor ITI Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU, ASEAN Eng, kepada wartawan, (27/12/2021).

Marzan juga mengakui, ternyata dari hasil penelitan ini semuanya menyatakan hasil positif. Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu positif. Sebagian besar berpendapat bahwa kegiatan ini memang baik dan perlu dilanjutkan. Mahasiswa menyatakan bahwa mereka terbantu dalam proses kelulusan dan industri terbantu dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan produk. SMK juga terbantu dalam kegiatan ini.

Pada empat kegiatan pemberdayaan masyarakat, lanjut Marzan, menunjukkan penerapannya kepada masyarakat ternyata sangat baik. Ada peningkatan produksi. Kemudian, produk kemasan yang tadinya bertahan enam bulan, bisa sampai setahun. Jadi, ini menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan ini bermanfaat. Berharap kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dalam skala kecil UKM.
Sementara, untuk peneliti yang terlibat dalam satu penelitian ada 5-6 orang. Mahasiswanya ada 100 orang lebih. “Kami yakin tahun depan akan lebih banyak lagi mahasiswa yang berpartisipasi. Ini membanggakan sekali karena mahasiswa ITI memiliki pengetahuan, keterampilan sekaligus empati,” ujarnya.

Rapat pleno Senat ITI hari ini menetapkan bahwa judul penelitian terbaik dari judul penelitian tersebut di atas yaitu:

” Revitalisasi Industri Alat Berat dengan Program Link and Match Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Kerja Magang);”.

Ketua tim penelitian ini yaitu: Prof. Dr. Ir. Owita Suastiyanti MSi, IPM dengan anggota timnya Jones Victor Tuapetel ST, MT, Ph.D, IPM, Pathya Rupajati ST, M.T., Dr. Ir. Iyus Hendrawan MSi, IPU, Ir. Rulyenzi Rasyid MKKK dan Dra. Perak Samosir M.Si.

Adapun judul kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terpilih sebagai judul PLM terbaik yaitu:
“Implementasi MBKM dalam Meningkatkan Kualitas Produk Makanan “Tek Noeni “ dan Minuman Kesehatan “Saina Quantum Nusantara” Di Kota Tangerang Selatan. Ketua Tim pengabdian kepada masyarakat Ini yaitu: Dr. Ir. Iyus Hendrawan M.Si., IPU, dan anggotanya yaitu: Yenny Widianty RW, M.T., IPU; Ir. Muhami, M.S., IPM: Ronald Akbar, S.T., M.T.; Dipl.ing.M. Kurniadi Rasyid, M.M : Khaerul Jauhari, S.T., MT; serta Achmad Zaki Rahman,S.T., M.T.

Rapat pleno senat ITI ini dipimpin oleh Ketua Senat ITI, Prof Ir. Krishna Mokhtar, S.T., MSCE, Ph.D., IPU dihadiri juga oleh Rektor ITI, Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU sebagai anggota kehormatan. Rapat dilaksanakan secara hybrid, 22 orang anggota senat hadir secara luring dan 10 orang mengikuti secara Garing. Rapat pleno diawali dengan sambutan oleh Ketua Senat ITI dan Rektor ITI, yang dilanjutkan paparan oleh masing – masing tim peneliti dan tim pengabdian kepada masyarakat. Disamping itu, masing – masing tim juga menampilkan video – video kegiatannya. Pada saat pemaparan ini, hadir pula tim reviewer untuk mengevaluasi kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat. Tim Reviewer selanjutnya memberikan penilaian dan rekomendasi kepada Senat ITI atas paparan masing – masing tim di atas.

“Harapannya rapat Senat ini secara obyektif memberikan penilaian bagi program penelitian dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dinilai baik dan dapat dikembangkan skalanya dan dapat ditingkatkan partisipannya. Kegiatan ini kedepannya harus kita lanjutkan. Kami yakin mampu mengelola kegiatan ini hingga menjadi forum yang obyektif dan representatif kepada aspek kegiatan penelitian dan pemberdayaan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional