Connect with us

Ragam

Rayakan Hari Anak Nasional di Tengah Pandemi, Traditional Games Returns Ajak Anak Bermain dari Rumah

Wartajakarta.com-Dalam rangka menghayati Hari Anak Nasional 2021, Traditional Games Returns (TGR Community) membuat kampanye yang bertajuk “Bumi Bermain”.
Kampanye ini merupakan wujud partisipasi TGR Community dalam mendukung pemenuhan hak anak untuk bermain, khususnya permainan tradisional.

Rangkaian kampanye Bumi Bermain bersifat daring dengan cara merekrut relawan dan memberi tugas untuk mengumpulkan foto dan video bermain permainan tradisional dari rumah. Total relawan yang turut berpartisipasi mencapai 232 relawan dari 25 provinsi dan 46 Ruang Publik Terpadu Ramah
Anak (RPTRA) se-DKI Jakarta.

Kampanye ini berlangsung sejak awal hingga pertengahan bulan Juli menggunakan media sosial Instagram @TGRCampaign dengan tagar #BumiBermain, sedangkan puncak kampanye diselenggarakan pada Minggu, 25 Juli 2021 pukul 09.00 WIB secara daring menggunakan platform Zoom Cloud Meeting.

Pada puncak perayaan kampanye, TGR Community mengadakan
talkshow dengan tema “Kenali Psikologi Bermain Anak Melalui Permainan Tradisional”.

Acara ini diawali oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) DKI Jakarta dengan memberikan sambutan. Acara ini akan dihadiri oleh RPTRA, relawan dan peserta anak￾anak. TGR Community juga berkolaborasi dengan Komunitas Speak Up Now (SUN) dengan mengajak anak-anak di 5 RPTRA untuk melukis pada gasing bambu dan mengajak relawan untuk menggambar dan mewarnai permainan
tradisional sebagai bentuk mengekspresikan diri, sesi ini juga akan dimeriahkan dengan dongeng.

Aghnina Wahdini, selaku founder dari TGR Community mengatakan,“Meskipun pandemi, tidak menghalangi keluarga di rumah untuk tetap bergembira bersama. Permainan tradisional yang sederhana mampu menjadi alternatif dan solusi kejenuhan anak dengan segala kesibukan kampanye daring.

Pada momentum Hari Anak Nasional 2021, TGR bersinergi dengan relawan yang antusias mendaftar pada kegiatan Bumi Bermain ini.

Banyaknya relawan yang terlibat menjadi bukti bahwa permainan tradisional tetap dan akan
selalu diminati.” Aghnina melanjutkan, “Semoga kampanye ini menjadi semangat baru untuk generasi muda dan keluarga untuk tetap melibatkan
permainan tradisional sebagai salah satu media belajar dan hiburan di rumah supaya semakin banyak pihak yang dapat berkolaborasi memajukan budaya Indonesia.”

Diah Nurayu, selaku Psikolog dari Speak Up Now mengatakan,“Pengembangan diri dapat dilakukan sejak dini melalui kegiatan bermain.
Melalui bermain, anak dapat mengeksplorasi hal baru disekelilingnya. Salah satu kegiatan bermain yang dapat dilakukan adalah melukis. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif pada anak seperti mengurangi kecemasan dan stres” Diah melanjutkan, “Kami ingin mewujudkan anak Indonesia siap untuk menjadi anak hebat yang tangguh, cerdas dan kreatif agar menjadi Agent of Change yang positif”.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ragam