Connect with us

Pendidikan

Siap Mengajar Online dalam 5 Menit dengan Peralatan Simpel Ini

Wartajakarta.com-Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, kondisi pendidikan sekarang ini menjadi perhatian yang khusus bagi para tenaga didik di Tanah Air. Pandemi corona membuat pembelajaran tatap muka berubah menjadi online.

Oleh sebab itulah, mengikuti perubahan dan kebutuhan sangat lah penting. Apalagi sebagai pengajar atau guru harus pandai-pandai dalam beradaptasi dengan keadaan sekarang ini. Menyiasati berbagai hal supaya pembelajaran online tetap lancar.
Sebagai seorang guru di era pandemi seperti sekarang memang penuh dengan tantangan. Selain terus beradaptasi, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan saat belajar daring. Yuk intip 5 peralatan simpel mengajar online berikut ini.

1. Komputer
Alat pertama yang wajib untuk dipersiapkan adalah komputer, bisa laptop atau PC. Jadi, pastikan Anda bisa mengoperasikannya ya. Sebenarnya, jika tidak memiliki komputer, ponsel atau smartphone pun bisa. Namun fitur-fitur yang terdapat di smartphone juga terkadang tidak secanggih di komputer.
Jika sudah memiliki komputer, pastikan telah menginstal berbagai aplikasi yang dibutuhkan. Termasuk aplikasi meeting (Zoom, Google Meet, dan lain-lain), sistem e-learning, dan masih banyak lainya.

2. Headset
Supaya proses belajar dan mengajar juga semakin lancar, headset juga perlu dipertimbangkan. Berbagai jenis merek headset di luar sana bisa dipilih sesuai dengan budget masing-masing. Dengan begini, suara yang masuk ke telinga murid akan lebih jelas.

3. Drawing Pad
Membuat pengajaran jadi menyenangkan, tidak jarang guru akan memberikan contoh di papan tulis. Dan jika komputer Anda tidak touchscreen atau layar sentuh, bisa menggunakan drawing pad. Bisa dibilang ini merupakan ‘spidol’ digital yang digunakan guru untuk menggambar atau menulis.

Supaya proses belajar jadi semakin menyenangkan, interaktif dan efektif, guru harus terus meningkatkan kompetensinya. Salah satu caranya adalah dengan bergabung di Guru Binar. Ini merupakan sebuah platform yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan kompetensi guru supaya memberikan didikan yang berkualitas kepada murid.

Ada banyak webinar atau pelatihan online yang bisa dipelajari. Beberapa contoh pelatihan yang banyak digemari antara lain Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa, Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif, dan lain-lain.

Selain itu, guru juga akan dilatih kemampuan mengajar kreatif supaya belajar tetap menyenangkan. Fasilitator di Guru Binar juga tidak perlu diragukan lagi, memiliki kompetensi yang mumpuni dan profesional.

4. Meja Laptop
Jika Anda belum memiliki meja kerja di rumah, tidak perlu khawatir. Ada banyak meja laptop di luar sana dengan budget yang menyesuaikan. Selain membuat laptop lebih stabil, meja ini kebanyakan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar juga portable, bisa dipindah ke mana-mana.

5. Internet Stabil
Alat yang sangat penting lainnya untuk dimiliki adalah internet yang stabil. Wifi di rumah memang sangat diandalkan dalam proses pembelajaran daring. Namun tidak jarang karena memang wifi di rumah penggunaanya dibagi dengan orang lainnya, membuat tidak stabil atau bahkan lemot.
Maka dari itulah, perlu sekali cadangan internet yang stabil. Bisa dengan berinvestasi pada modem, MIFI, paket data yang lancar. Selalu tangani hal-hal tidak terduga dengan baik supaya proses mengajar bisa tanpa halangan.

Sebagai tenaga pendidik, mari untuk selalu meningkatkan kompetensi diri dan menyediakan peralatan yang memadai. Meski sekarang ini sedang berada di era pandemi, proses belajar dan mengajar online bukan lagi hal yang perlu ditakuti. Maka dari itulah, persiapkan alat-alat di atas ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Pendidikan