Connect with us

Ragam

Desain Kemasan: Kunci Sukses UMKM dalam Persaingan Pasar Global

WartaJakarta.com-Jakarta
Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, peran desain kemasan dalam meningkatkan daya tarik dan penjualan produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) menjadi semakin penting.

Hal ini ditegaskan oleh Venantius Sanjaya, pendiri Cari Kemasan Dotcom, yang menyoroti kekuatan besar yang dimiliki oleh desain kemasan dalam dunia bisnis saat ini.

Menurut Sanjaya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 80 persen kekuatan penjualan produk berasal dari desain kemasannya. Desain kemasan tidak hanya menjadi identitas visual sebuah produk, tetapi juga mencerminkan kualitas, keunikan, dan nilai tambah yang ditawarkan oleh UMKM.

“Dalam lautan produk UMKM yang ada, desain kemasan menjadi salah satu faktor pembeda utama. Warna, konten, brand, dan ornamen lainnya yang terdapat dalam desain kemasan tidak hanya menarik perhatian konsumen, tetapi juga memberikan kesan pertama yang kuat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sanjaya menegaskan bahwa desain kemasan yang baik dapat menghindarkan UMKM dari kerugian. Sebagai contoh, kemasan kopi harus dibungkus dengan kemasan berbasis alumunium foil untuk menjaga kesegaran rasanya. Selain itu, keawetan rasa produk juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kerugian bagi UMKM.

Namun, disayangkan bahwa banyak UMKM di Indonesia belum memanfaatkan potensi penuh dari desain kemasan yang menarik dan fungsional. Untuk mengatasi hal ini, Cari Kemasan Dotcom menawarkan solusi melalui teknologi cetak revolusioner yang memungkinkan UMKM untuk menghasilkan kemasan full color dalam waktu hanya lima menit, tanpa batasan minimal order.

“Inovasi kami tidak hanya membantu UMKM untuk meningkatkan penjualan hingga 60 persen, tetapi juga mengubah paradigma tentang pentingnya desain kemasan dalam dunia bisnis,” tambah Sanjaya kepada WartaJakarta, Jumat( 3/5) 2024 saat ditemui di Ice BSD City Serpong .

Dengan demikian, desain kemasan tidak hanya menjadi kunci sukses bagi UMKM dalam menghadapi persaingan di pasar global, tetapi juga sebagai strategi untuk memperkuat citra merek, meningkatkan penjualan, dan memperluas pangsa pasar di era digital yang terus berkembang pesat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Ragam