Connect with us

Nasional

Hidup Lebih Berarti Dengan Lestarikan Bumi Bersama CEC, Dishut Jatim CDK Bojonegoro dan Bakorwil Bojonegoro

Wartajakarta.com-Adanya berbagai permasalahan dalam masyarakat tentunya memerlukan suatu tindakan solutif dan inovatif. Kekeringan sumber air menjadi masalah berat bagi masyarakat Bojonegoro. Melimpah nya pohon kayu putih di Kabupaten Bojonegoro dan belum bisa diolah secara maksimal menjadi fenomena yang harus segera mendapatkan solusi. Juga mengenai aliran Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Bojonegoro yang saat ini tertutup oleh tanaman eceng gondok yang sangat berdampak pada ekosistem karena bisa mengurangi populasi ikan air tawar.

Sebagai langkah solutif, CEC mengadakan kegiatan Hidup Lebih Berarti Dengan Lestarikan Bumi yang bertepatan dengan peringatan hari berdirinya CEC. Kegiatan ini adalah suatu sinergitas untuk mengatasi permasalahan diatas yang diinisiasi oleh Creative Economy Center (CEC) bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur CDK Bojonegoro dan Bakorwil Bojonegoro. Terkait kekeringan dan kekurangan air bersih, Bakorwil Bojonegoro akan memberikan bantuan air bersih untuk dua wilayah yang di ajukan oleh CEC, yakni area kecamatan Sumberrejo dan Kepohbaru. Selanjutnya untuk membantu meningkatkan kualitas sumber air rumah tangga, Dishut Jatim CDK Bojonegoro memberikan aneka bibit pohon untuk semua peserta kegiatan yang selanjutnya wajib ditanam di sekitar rumah peserta.

Pelatihan diikuti oleh sekitar 45 peserta di Aula Kantor Dishut Jatim CDK Bojonegoro (11/11/2023) dan dibuka oleh Dul Wachid selaku Ketua CEC. Adib Nurdiyanto selaku narasumber memberikan materi tentang pembuatan minuman herbal dari daun kayu putih, daun kelengkeng, daun alpukat dan bunga pukul empat. Selain minuman, Adib juga memberikan pelatihan pengolahan bunga eceng gondok menjadi kuliner lezat. Setelah pelatihan selesai, Widodo Joko Santoso selaku Kepala Dishut Jatim CDK Bojonegoro mengajak seluruh peserta ke titik pembibitan dan membagikan aneka bibit tanaman kepada seluruh peserta. Adapun tanaman yang dibagikan antara lain bibit tanaman alpukat, sirsak, matoa, kayu putih, sukun, kelor, petai, pule dan ketapang kencana. Kegiatan berlanjut menuju Mina Agro Tlogorejo yang merupakan milik anggota CEC untuk menikmati anggur dan jambu kristal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional