Connect with us

Pendidikan

Institut Teknologi Indonesia Gelar Open House, Kenalkan Kampus ke Siswa SMA/SMK

Wartajakarta.com-Tangerang Selatan – Institut Teknologi Indonesia (ITI) menggelar acara Open House bertema “Your Bright Future Starts from Here” pada Selasa (21/05/2024) di Aula G, Kampus ITI Tangerang. Acara ini diselenggarakan secara luring maupun daring dengan mengundang siswa-siswi dari 26 sekolah SMA/SMK di Tangerang Raya, khususnya di Provinsi Banten serta Kabupaten Bogor.

Rektor ITI, Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar, IPU., ASEAN Eng., menjelaskan bahwa kegiatan Open House ini merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis ITI ke-40 yang bertujuan untuk memperkenalkan kampus ITI dan menyampaikan informasi terkait programprogram yang ditawarkan, serta memaparkan pengalaman ITI dalam bidang pendidikan tinggi dan kiprah alumni di masyarakat.

“Selain Open House, kami juga menggelar pameran dari mahasiswa ITI, serta presentasi dari dosen dan mitra terkait kerja sama program kuliah sambil magang di luar negeri yang sejalan dengan kebijakan Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek,” ujar Marzan Aziz Iskandar.

Program magang yang ditawarkan memungkinkan mahasiswa untuk kuliah sambil bekerja di luar negeri, termasuk di negara-negara Eropa, Korea Selatan, dan Jepang. Program ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan di ITI.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Kerjasama dan Humas sekaligus Plt. Kepala Pusat Penerima Mahasiswa Baru, Dr. Ir. Iyus Hendrawan, M.SIi., IPU., ASEAN Eng,., menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan mempererat hubungan antara ITI dan para mitra. Selain itu, kehadiran siswa, guru, kepala sekolah, dosen, dan mitra merupakan pertama kalinya diadakan oleh ITI.

“Kegiatan ini merupakan inovasi yang tidak hanya fokus pada pendaftaran mahasiswa, tetapi juga memberikan informasi tentang berbagai keuntungan yang bisa diperoleh siswa di kampus ITI,” tutur Iyus Hendrawan.

Dalam acara ini juga diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 16 sekolah SMA/SMK. Wakil Rektor Bidang Akademik, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Dwita Suastiyanti, M.SI., IPM., ASEAN Eng., menambahkan bahwa dari MoU tersebut akan ada beberapa program, termasuk asistensi mengajar di sekolah-sekolah yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan literasi, serta rekrutmen siswa SMA/SMK melalui jalur beasiswa dan prestasi.

“Selain itu, kami juga akan mengirimkan dosen untuk mengajar di sekolah-sekolah, sehingga sekaligus mengenalkan kampus ITI kepada siswa SMA/SMK,” ujar Dwita Suastiyanti.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, Teguh Setiawan S.Pd., M.Si., menuturkan bahwa program ini sangat membantu siswa SMA/SMK untuk menambah wawasan dan informasi terkait jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Kerja sama MoU ini termasuk program pemagangan khusus untuk siswa SMA/SMK, memungkinkan mereka untuk bekerja sambil kuliah,” ujar Teguh Setiawan.

Diharapkan program ini dapat memberikan motivasi bagi siswa SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, terutama di kampus ITI yang telah berdiri sejak 1984 dan memiliki banyak alumni berprestasi. “Kami sangat mendukung upaya ini dan memberikan dukungan penuh kepada kampus ITI,” pungkas Teguh Setiawan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Pendidikan