Connect with us

Nasional

RW 05 Kelurahan Balekambang Ramaikan UMKM Festival Ciliwung ke-IV Tahun 2022

Wartajakarta.com- Sungai Ciliwung adalah salah satu sungai yang berpengaruh di DKI Jakarta, sungai yang terbentang dari hulu ke hilir dengan panjang 120 kilometer dan luas daerah dengan aliran sungai 387 kilometer per segi.

Maka dari itu, RT 04 RW 05, Kelurahan Balekambang, Jakarta Timur menggelar   Festival Ciliwung ke-IV. Adapun beberapa rangkaian kegiatan digelar seperti, aksi penanaman pohon, salah satunya pohon dukuh yang ditanam oleh Wakil Wali Kota.

Selain penanaman pohon, festival tersebut juga menggelar bazar UMKM dari warga Kelurahan Balekambang dengan jumlah 30 peserta UMKM.

Dari pantauan awak media  tampak Anggota DPD RI Fahira Idris turut hadir berpartisipasi dalam kegiatan dengan memberikan penghargaan bagi kawan-kawan di Ciliwung.

Dalam hal ini Fahira Idris mengatakan rasa senangnya bahwa warga RT 04 RW 05, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, bisa menyelenggarakan acara Festival  yang berkolaborasi dengan pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Mudah-mudahan bantaran Ciliwung menjadi lebih baik dan kawan-kawan di Ciliwung mau terus berdaya seperti yang sudah tadi saya berikan penghargaan untuk para pahlawan Ciliwung,” ujar Fahira Idris, pada Sabtu (12/11/2022).

Fahira Idris berharap akan lebih banyak lagi anak-anak muda menjadi pahlawan Ciliwung agar nantinya Ciliwung lebih baik lagi.

Dikesempatan yang sama Ketua ketua RW 05,  Firmansyah, S.Sos mengatakan rasa senang karena kegiatan tersebut diadakan diwiliyahnya. ” Ini menjadi edukasi bagi masyarakat, bahwa Ciliwung Bersih dan Ciliwung Indah itu sangat penting menjadikan pesan tersebut bisa tersampaikan.”

Apalagi dirinya sebagai Ketua RW 05, bertanggung jawab dan pedili pada generasi penurus dengan membuat wasilah atau wadah. ” Dimana akan ada Taman Sentaro yakni Seni, Tari dan Olahraga. Nantinya warga generasi muda mendapat tempat untuk interaksi sosial, edukasi permainan jadul , olahraga dan lainnya,” kata Firmansyah.

Membutuhkan 1 bulan lamanya pada akhirnya Taman Sentaro dibuka untuk umum, hal ini berkat kerjasama  dengan LMK, beserta organisasi kemasyarakatan lainnya. Diharapkan nanti kegiatan tersebut dapat mencetak generasi muda unggul dan berkarakter.

” Misi visi kita ingin mengajak masyarakat sadar bahwasanya sungai merupakan sumber kehidupan. Karena selama ini dianggap belakang rumah yang memproduksi banyak sampah maupun output yang tidak baiknya. Maka saya ingin image itu hilang dimasyarakat dan dikehidupan kita,” ujar Firmansyah.

Turut hadir dalam Festival Ciliwung ke-IV Tahun 2022 yakni Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional