Connect with us

Headline

Lions Club dan Universitas Tarumanegara mengambil aksi nyata komitmen pengabdian kemanusiaan

Wartajakarta.com-Seiring dengan berbagai isu isu kesehatan di masyarakat marginal dibarengi dengan persoalan pendidikan mendasar di Indonesia. Kedua hal ini tak luput dari lembaga pengabdian seperti Yayasan Tarumanegara dan Yayasan Lions Indonesia yang pada senin 18 Maret 2024 kemarin melakukan inisiatif kerjasama dengan penandatanganan Memorandum of Understanding di kantor Yayasan Tarumanegara.

Memo Kesepakatan ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pengabdian kemasyarakatan dan kemanusiaan di Indonesia.

Yayasan Tarumanegara mengelola Badan Pendidikan diantaranya, Universitas Tarumanegara, Institut Tarumanegara, dan sekolah lainnnya serta Bidang Kesehatan seperti RS Royal Taruma. Sementara Yayasan Lions Indonesia yang didirikan oleh pada anggota Lions Clubs Indonesia pada tahun 1980 merupakan sebuah badan yang bertujuan untuk membantu Lions clubs Indonesia menjalankan pengabdian mereka terutama di delapan bidang yaitu:

  • kesehatan mata
  • ⁠diabetes
  • ⁠kanker anak
  • ⁠pengentasan kemiskinan
  • ⁠lingkungan hidup
  • ⁠kepemudaan
  • ⁠bencana alam
  • ⁠kemanusiaan

Kedua Pimpinan Dr. Ariawan Gunardi, S.H, M.H dari Yayasan Tarumanegara beserta jajarannya berdiskusi dengan Yayasan Lions Indonesia yang dipimpin oleh Bapak Willy Suwandi Dharma beserta jajarannya yang diikuti pula oleh pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) mengenai bentuk kerjasama jangka pendek, menengah dan panjang.

Yayasan Lions Indonesia saat ini mengelola Klinik Hemodialisa, Rumah Singgah anak penderita kanker, pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis, pendidikan dan pemberian fasilitas pengumpulan sampah botol plastik untuk Sekolah Dasar dengan program Lions Goes to School dan program Lions Goods Bank yang menyediakan platform pertemuan digital antara pemilik barang dan makanan yang ingin memberikan barangnya secara gratis dengan masyarakat yang membutuhkan. YLI juga secara rutin mengadakan penggalangan dana untuk kemanusiaan dengan program BAF Lions Run yang terbuka untuk umum, dimana hasil penggalangan dana ini digunakan untuk proyek-proyek kemanusian dengan fokus pelayanan yang berbeda setiap tahunnya.
Pada dasarnya, kedua belah pihak sepakat berkolaborasi menggunakan kapasitas Yayasan Tarumanegara yang memiliki fasilitas pendidikan dan kesehatan bersama Yayasan Lions Indonesia yang mendukung kerja Lions Clubs Indonesia dengan jumlah anggota lebih dari 12.000 orang dan tersebar di seluruh Indonesia untuk bergandengan tangan mengabdi dalam pelayanan kemanusiaan di Indonesia. Ini menjadi komitmen nyata dari sekedar aksi nyata relawan kemanusiaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Headline