Connect with us

Nasional

Pagelaran wayang Kulit Gelar Budaya Pagelaran Wayang Kulit Wahyu Makuttharama

Wartajakarta.com-Kapolri Jenderal  Listyo Sigit Prabowo malam ini mengadakan gelar budaya pagelaran wayang kulit ‘Wahyu Makutharama’ di Mabes Polri, Jakarta Selatan dengan mengundang masyarakat luas. Panglima TNI Laksamana Yudho Margono hadir di lokasi.

Pagelaran wayang kulit ini digelar di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2023) mulai pukul 20.00 WIB. Lokasi sudah dipadati masyarakat yang tampak antusias, termasuk dari para komunitas pecinta wayang se-Indonesia.

Tampak hadir Panglima TNI Laksamana Yudho Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Muhammad Ali. Hadir pula Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Acara ini disiarkan live media sosial, salah satunya YouTube.

Kapolri Jenderal Sigit sebagai inisiator mengatakan, acara ini digelar sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia. Pagelaran ini juga menjadi bentuk kokohnya sinergitas TNI-Polri. Diketahui belum lama ini, Panglima TNI dan Kapolri juga terlibat dalam pagelaran wayang orang ‘Pandawa Boyong’ di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (15/1).
Gelar budaya pagelaran wayang kulit ‘Wahyu Makutharama’ ini sendiri punya makna mendalam. Filosofi dalam Lakon Wahyu Makutharama mengandung makna bahwa seorang pemimpin/satria harus berpegangan pada pilar Hastho Broto (tanah, api, angin, air, angkasa, bulan, matahari dan bintang).

Dalam acara ini Ki Harso Widisantoto, Ki MPP Bayu Aji Pamungkas, Ki Dr. H. Yanto,. S.H., M.H., Ki Sri Kuncoro akan menjadi dalang. Masyarakat yang hadir bisa menyaksikan, menikmati makanan dan minuman secara gratis. Selain itu, terdapat doorprize dan grandprize yang akan dibagikan.

Penampilan hiburan juga akan dimeriahkan oleh Gareng Semarang, Sinden Elisha, Iis Sugiarto, dan Sinden Endah Laras. Acara akan diselenggarakan hingga pukul 03.00 WIB.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Nasional