Connect with us

Jakarta

Ini dia Pemenang Duta Mangrove Indonesia 2023,Fathimah Zahro Mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

Wartajakarta.com-Proses pemilihan Duta Mangrove Indonesia tahun 2023 yang telah dimulai sejak bulan Oktober telah berakhir, dan pengumuman pemenang diumumkan pada 18 Desember 2022. Melalui seleksi panjang serta eliminasi,dan menghasilkan  Fathimah Zahro, mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa keluar sebagai juara utama,  posisi First Runner Up diraih oleh Dhea Rahma Azhari Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia dan posisi Second Runner Up diraih oleh Nadia Asmawari Putri Mahasiswi Universitas Indonesia.

Acara puncak digelar di Hotel Aston Pluit selama dua hari dan tiga mahasiswi berhasil menjadi tiga pemenang utama yang mana mempunyai tugas dan tanggungjawab sebagai spokeperson dari yayasan untuk memberikan pengetahuan tentang mangrove kedepannya.

Founder Mangrove Jakarta Community dibawah naungan Yayasan Mangrove Indonesia Lestari, Paundra Hanutama,mengatakan bahwa pemilihan Duta ini adalah pertama kalinya dan akan dilaksanakan tiap tahunnya untuk mencari anak muda yang berprestasi, berani dan tentunya peduli terhadap issu lingkungan khususnya terhadap ekosistem mangrove yang ada di Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

Berkaitan dengan itu, imbuh Bayu Pamungkas selaku co-founder Mangrove Jakarta Community “Pembekalan akan pengetahuan ekositem mangrove akan ditekankan dan diharapkan semua finalis akan mendapatkan pengetahuan tentang ekowisata mangrove dan tentunya semua finalis tanpa terkecuali akan menjadi penyambung lidah komunitas atau yayasan mengenai visi dan misi kami”.

Adapun Pemilihan Duta Mangrove Indonesia memiliki tiga tujuan khusus. Pertama, membangkitkan minat generasi muda untuk mengenal baik tentang ekosistem mangrove  yang baik dan benar. Kedua, menambah wawasan generasi muda tentang pengetahuan mangrove ekosistem. Ketiga, mencari spokeperson muda yang mampu memberikan dampak positif terhadap ekosistem mangrove dengan memanfaatkan sosial media dan platform lain. Dan tentunya Duta yang terpilih dapat menjadi sosok muda yang peduli terhadap lingkungan dan berperan besar dalam menjaga kelestarian ekosistem mangrove di Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Seleksi dan penjurian dari 589 pendaftaran melalui online dari anak muda dari seluruh Indonesia yang kemudian disaring menjadi TOP 21. Semi finalis tersebut harus menjabarkan pengetahuan dan juga program bagaimana cara mengenalkan mangrove kepada masyarakat secara kelompok. Dari 21 semi finalis dieliminasi lagi ke 15 Besar dan mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk mempresentasikan bagaimana mempromosikan tentang produk mangrove dan akhirnya terpilih 10 finalis Duta Mangrove Jakarta.

Masih ada satu langkah lagi untuk masuk ke tujuh besar dan diundang ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian acara karantina selama dua hari di Hotel Aston Pulit Jakarta untuk diuji lagi oleh beberapa juri yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing. Terdiri dari Evin Jevani, Account Director Studi Argosy, Leo Andolsek dari Slovenia Marketing Expert, Imay Panay Putri Indinesia DKI 5 2022, Nurqalbiyanti Human Resource Expert dan Ratna Mahasiswa dan juga Asisten dosen IPB Bogor.

Informasi lebih lanjut  mengenai keikutsertaan dan kerjasama, dapat mengikuti sosial media Instagram @mangrovejakarta.id dan mengunjungi website www.mangrovejakarta.id atau donasi bisa dilakukan melalui platform https://kitabisa.com/campaign/mangrovejakartaid yang akan digunakan sepenuhnya untuk kegiatan konservasi mangrove di Jakarta dan sekitarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Jakarta