Connect with us

Pendidikan

MI Miftahul Jannah Cijantung Jakarta Timur Telah Sukses Gelar Pentas Seni dan Hari Apresiasi Siswa Tahun Ajaran 2023/2024

Wartajakarta.com-Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Cijantung Jakarta Timur telah sukses menyelenggarakan Kegiatan Pentas Seni di Akhir Tahun Ajaran 2023/2024 pada hari Kamis, 20 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Futsal Yayasan Miftahul Jannah Cijantung.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Pengawas Pendidikan Madrasah Kecamatan Pasar Rebo Ibu Rustiati, M.Pd., Kepala Madrasah dan seluruh guru serta staff pegawai, pengurus Yayasan terdiri dari Ketua Umum Yayasan Al Mukarom, Al Ustadz H. Oke Setiadi, S.KM., M.Sc., Sekretaris Dewan pembina Yayasan KH. M.A. Badruddin, Sekretaris Pengurus Yayasan M.Lutfi Nugraha, M.Pd., Ketua Bidang Pendidikan Ustadz H. Rustata Karnata, dan seluruh siswa-siswi kelas 1-5, orang tua/wali murid, para Pengurus Kordinator kelas, tokoh masyarakat sekitar, Kepala RA Miftahul Jannah Cijantung, para alumni, Ketua Komite Madrasah Ketua Komite Ibu Risma Wulansari dan Ketua Komite Periode sebelumnya tahun 2021-2024.
Acara Pentas Seni dan Hari Apresiasi diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas I-V MI Miftahul Jannah. Kata Kepala Madrasah MI Miftahul Jannah, Ustad Yasin Nuntoro, M.Pd. Kamis (20/06/2024).


Ia menambahkan, Kegiatan ini bertema “Wonderful of Indonesia” (beautiful, Smart and Confident), sebagai wadah dalam menampilkan kreatifitas seni budaya, pentas seni ini juga memadukan kecakapan pengetahuan dan keterampilan siswa kelas I-VI MI Miftahul Jannah, setelah selama 1 tahun ini melaksanakan pembelajaran di kelas dan di luar kelas serta diahiri kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Asesmen Sumatif Ahir Semester (ASAS) Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024.

Acara ini juga sebagai ajang pemberian penghargaan prestasi akademik dari nilai raport pengetahuan dan keterampilan untuk peringkat 1 sampai 3 setiap kelas, Adapun para siswa yang berprestasi mendapatkan piala prestasi bagi semua kelas dari kelas 1-5, yang berjumlah 10 rombel, jadi jumlah piala yang diberikan sebanyak 30 piala. Sedangkan prestasi akademik Kelas VI, diberikan piala bagi peringkat 1-3 dan Sertifikat penghargaan prestasi sebanyak 10 besar pada setiap kelasnya di kegiatan pelepasan yang sudah dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2024, di Cigwa Bogor. “Ujarnya.


Kedepan sekolah/madrasah akan memberikan lebih banyak penghargaa bukan hanya bagi yang memiliki prestasi akademik saja, tetapi bisa dari nilai prestasi non akademik, baik yang diselenggarakan di lingkungan sekolah maupun lomba-lomba di tingkat Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) PCC (Pasar Rebo Ciracas dan Cipayung) maupun tingkat Kota dan DKI Jakarta, termasuk penghargaan untuk nilai-nilai sosial dan spiritual. “Pungkasnya.


Ia berharap kepada seluruh orang tua/wali murid, jangan ragu-ragu menyekolahkan putri-putrinya di MI Miftahul Jannah Cijantung. MI MJ paling tidak 5 tahun terahir, mendapatkan prestasi yang cukup banyak baik tingkat KKMI PCC, tingkat Kota, DKI Jakarta, bahkan tingkat Nasional.


Diantaranya prestasi tingkat KKMI PCC, Kota Jakarta Timur dan berbagai Perlombaan tingkat DKI Jakarta antara lain :

  1. Team Futsal MIMJ meraih Juara I tingkat DKI Jakarta.
  2. Kejuaraaan Silat, meraih tingkat Kota dan DKI Jakarta, untuk beberapa murid, diantaranya, M. Abimayu Riyadi, Irsyad Rafif Syafii menduduki peringkat ke 1, sesuai kelompok usia dan berat badan.
  3. Silat selalu meraih Juara I tingkat DKI Jakarta yaitu Aisyah Rayina Aneldi putri dari Ketua Komite Ibu Ely Nurnaningsih (Periode 2021-2024).
  4. Team Hadroh MIMJ meraih Juara II tingkat DKI Jakarta.
  5. Regu Pramuka Penggalang Putra, meraih Juara Harapan 3 tingkat Kota Jakarta Timur, mata Lomba Semapore.
  6. Regu Penggalang Putri, meraih Juara 2 tingkat DKI Jakarta, pada lomba Sandi Morse dan Smapore, yang diselenggarakan di Yayasan Al Hamid Cipayung.
  7. MIMJ sejak tahun 2022, meraih prestasi Sekolah / Madrasah Aktif Literasi tingkat Nasional, penghargaan dari Komunitas Yuk Menulis (KYM) di Yogyakarta, sebab sejak tahun 2022, Kepala Madrasah memotivasi murid dan guru untuk ikut event-event menulis pada hari-hari besar nasional, kerjasama KYM, dengan Kemenag, Kemendikbud, KPAI dan MURI. MIMJ hingga Juni 2024, telah meraih 6 penghargaan Madrasah Aktif Literasi Tingkat Nasional, penghargaan ini untuk lingkungan MINS/MIS, MTs/MTs/N dan MAS/MAN, masih sangat sedikit untuk tingkat nasional. Untuk MIN/MIS tingkat nasional tidak lebih dari 5 madrasah di seluruh Indonesia.
    Lulusan MI Miftahul Jannah Cijantung, dari tahun ke tahun bisa diterima di SMPN/MTsN dan sekolah manapun, bahkan tidak sedikit yang berprestasi nilai Raport, Silat, Tahfidz, bisa masuk jalur Prestasi dan jalur madrasah. Umumnya alumni MIMJ yang berprestasi di SMP/MTs, sekolah tujuannya, mereka tetap berprestasi. Bahkan tahun ini salah satu kakak dari Febryan Maulana yang baru lulus, 10 Juni 2024, punyak kakak bernama Visca Melyana, juga alumni MIMJ angkatan ke 18, sukses meraih Prestasi Beasiswa Full masuk Pasca Sarjana (S2 ) di Universitas Gajah Mada (UGM) pada Tahun Pelajaran : 2024/2025.
    Sebelum mengahiri sambutannya Kepala Madrasah berpantun sebagai berikut :
    Pergi belajar di setiap hari
    Setiap Senin hingga Jumat ke madrasah
    Apabila mau mendapat prestasi
    Masuk sekolah di
    MI Miftahul Jannah
    MI Miftahul Jannah sekolahnya berprestasi,
    Lima kali dapat penghargaan aktif literasi,
    Terus giat belajar tidak lupa mengaji
    Tahun depan pasti dapat prestasi.
    Tidak benar alumni MIMJ sulit diterima SMP/MTs Negeri,
    Yang nyebar gosip pasti kurang piknik,
    Banyak murid MIMJ berprestasi tingkat DKI,
    Kemampuan bisa masuk jalur madrasah dan Prestasi.
    Man Jadda wa jada
    Sungguh-sungguh pasti bisa.

Mohammad Wahib, S.Pd. sebagai Ketua Panitia menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dari seluruh Pengurus Komite Sekolah, serta seluruh guru dan staff, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancer.
Acara ini juga sebagai wadah penghargaan bagi siswa-siswi kelas I-V, serta menampilkan berbagai kreatifitas seni, budaya dan keterampilan melalui penampilan siswa-siswi yang mengikuti ekstra kurikuler Pencak Silat, Pramuka, Hadroh, English Club. Kegiatan serupa pernah dilaksanakan sebelum pandemi Covid, dan baru tahun ini bisa diselenggarakan kembali, smoga tahun-tahun akan datang, penyelenggaraannya lebih baik dan berdampak positif dan lebih luas lagi.“ Ujarnya.

Kami berharap warga madrasah bisa melaksanakan budaya madrasah sesuai tema Pensi : Wonderful of Indonesia From MI Miftahul Jannah, Beautiful, Smart and Convident, hususnya seluruh murid berperilaku indah, cakep, cerdas dan percaya diri. Ujar Ibu Risma Wulan Sari selaku Ketua Komite MI Miftahul Jannah.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Yayasan Miftahul Jannah Cijantung, Almukarom Ustadz H.Rustata Karnata, menyampaikan salam ta’dzim kepada semua yang hadir. Ia mengawali pertanyaan kepada murid kls 1-5. Siapa yang puasa Arofah beberapa hari lalu. Ditunjuk murid kelas 1 dipanggil maku ke depan, begitu juga kelas 2, Ia langsung memberikan hadiah sebagai motivasi dan penghargaan.


Acara ini adalah acara yang hebat bukan kaleng-kaleng, karena membawa nama Indonesia “Wonderful Indonesia”, dengan tema yang sangat menginspirasi. Menyoroti kata smart, kata yg istimewa, diantaranya, baik, cerdas atau dalam bahasa Arab Sholeh, dan Muslih, Soleh dan mensolehkan lingkungan. Beliau juga menyampaikan kisah pembelajaran dari hikmah ibadah Qurban. Hadirnya sebuah kesadaran, kesabaran, para Nabi Alloh Ibrahim As. melewati berbagai ujian-ujian, hingga terbentuk kesholehan.


Beliau menutup sambutan dengan sebuah pantuan.
Hidup sepi tanpa kekasih, cukup sekian terima kasih. Ayu tingting makan kepiting, tank you for everiting.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Pendidikan